Efektivitas iklan corporate website sebagai media digital marketing dengan pendekatan epic model : studi kasus nasabah produk digital banking BRI Syariah Cabang Semarang

Sholihah, Lailatus (2019) Efektivitas iklan corporate website sebagai media digital marketing dengan pendekatan epic model : studi kasus nasabah produk digital banking BRI Syariah Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505036124_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505036124_Lengkap)
LAILATUS SHOLIHAH - 1505036124.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Digital banking merupakan inovasi baru dari perkembangan financial technology 2.0. Digital banking memiliki potensi yang sangat besar, hal ini di dukung dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan yaitu Peraturan Nomor 12/POJK.03/2018 tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital oleh Bank Umum atau POJK Layanan Perbankan Digital. Peraturan ini juga didukung dengan berkembangnya internet melalui survei yang dilakukan oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) bahwa di tahun 2017 pengguna internet di Indonesia kembali meningkat sebesar 143,26 juta jiwa atau 54,68% dari total populasi 262 juta orang. Selain itu, Bank BRI Syariah merupakan lembaga keuangan syariah yang menggunakan strategi pengembangan corporate website sebagai media digital marketing. Namun sampai tahun 2017 belum berkembang secara maksimal. Hal ini terlihat pada pengguna internet banking dan mobile banking BRI Syariah dibandingkan dengan pengguna internet di Indonesia. Jika pengguna internet banking adalah sebesar 7,9 juta, artinya baru mencapai 5,5%, dan jika pengguna mobile banking adalah 18 juta, artinya baru 12,5% dari seluruh pengguna internet di Indonesia. Oleh karena itu, perlu ada pengukuran seberapa besar efektivitas corporate website dalam mengembangkan produk digital banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas corporate website sebagai media digital marketing produk digital banking BRI Syariah dengan menggunakan pendekatan EPIC Model.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan EPIC Model. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 100 responden yaitu nasabah Bank BRI Syariah Cabang Semarang. Data diambil dengan cara menyebarkan angket berupa kuesioner kepada nasabah BRI Syariah Cabang Semarang.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing produk digital banking BRI Syariah yang dilakukan melalui corporate website dengan pendekatan EPIC Model masuk dalam kategori sangat efktif. Dapat dilihat dari skor rata-rata dari masing-masing dimensi yaitu; Empathy 3,72 ; Persuation 3,52 ; Impact 3,07 ; Communication 3,59. Didapatkan nilai EPIC Rate sebesar 3,47 pada skala keputusan analisis masuk dalam kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Digital marketing; Iklan online; Corporate website; EPIC Model; Digital banking; Bank syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 28 Oct 2019 08:39
Last Modified: 11 Jun 2021 08:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10159

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics