Pengaruh persepsi, tingkat religiusitas dan disposable income terhadap minat menabung di perbankan syariah : studi pada masyarakat Kecamatan Tulis

Arsyidian, Mufti (2019) Pengaruh persepsi, tingkat religiusitas dan disposable income terhadap minat menabung di perbankan syariah : studi pada masyarakat Kecamatan Tulis. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505036126_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505036126_Lengkap)
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia saat ini sangatlah pesat mulai dari banyaknya cabang-cabang bank syariah di berbagai daerah. Persaingan antara bank syariah dengan bank konvesional membuat keduanya sama-sama berlomba dalam menarik perhatian masyarakat. Bank syariah harus bisa menarik perhatian masyarakat dengan memperhatikan faktor perilaku masyarakat. Perilaku masyarakat (konsumen) dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor kebudayaan, keluarga, komunitas, pekerjaan, dan gaya hidup. Selain dari beberapa faktor tersebut ada faktor persepsi dari masyarakat yang dapat mempengaruhi. Faktor religiusitas dan disposable income juga ikut berpengaruh dalam perilaku konsumen dan tingkat konsumsi.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi terhadap minat menabung di perbangkan syariah, untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap minat menabung di perbankan syariah, untuk mengetahu pengaruh diposable income terhadap minat mennabung di perbankan syariah dan untuk mengetahu pengaruh persepsi, tingkat religiusotas dan diposable incometerhadap minat mennabung di perbankan syariah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh masyarakat Kecamatan Tulis dan sampel yang diambil sebanyak 100 orang. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor persepsi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di perbankan syariah. Dapat dibuktikan dengan melihat perhitungan dari Uji T yang menunjukan hasil Thitung > T tabel yaitu 4,846 > 0,1986. (2) tingkat religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadapt minat menabung di perbankan syariah. Dapat dibuktkan dengan melihat perhitungan daari Uji T yang menunjukan hasil Thitung > T tabel yaitu 3,573 > 0,1986. (3) faktor disposable income memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di perbankan syariah. Dapat dibuktikan dengan melihat perhitungan dari Uji T yang menunjukan hasil Thitung > T tabel yaitu 2,851 > 0,1986. (4) variabel X1 (persepsi), variabel X2 (tingkat religiusitas), variabel X3 (disposable income) berpengaruh secara simultan tehadap variabel dependenya variabel Y (minat menabung). Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat perhitungan dari Uji F yang menunjukan hasil bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 26,106 > 2,70 F tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Religiusitas; Disposable income; Minat menabung; Mahasiswa; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 28 Oct 2019 08:44
Last Modified: 11 Jun 2021 07:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10160

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics