Mekanisme pembiayaan dana talangan haji di KSPPS Berkah Mitra Hasanah Semarang

Pradani, Merlyana Dwi (2019) Mekanisme pembiayaan dana talangan haji di KSPPS Berkah Mitra Hasanah Semarang. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Tugas_Akhir_1605015014)
TUGAS AKHIR LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

KSPPS Berkah Mitra Hasanah merupakan lembaga keuangan non bank yang memiliki banyak produk salah satu produk yang diminat ia dalah pembiayaan dana talangan haji. Di KSPPS Berkah Mitra Hasanah menawarkan pembiayaan dana talangan haji dengan syarat cepat dan proses cepat. KSPPS Berkah Mitra Hasanah akan mendampingi nasabah sampai nasabah benar-benar mendapatkan porsi haji dan berangkat sampai ketanah suci. Dalam pembiayaan ini KSPPS Berkah Mitra Hasanah bekerjasama dengan Bank Muamalat yang nantinya KSPPS Berkah Mitra Hasanah memberikan berkas ke Bank Muamalat untuk kemudian ditindak lanjuti dengan dibawa ke Kementrian Agama dan didaftarkan haji. Inilah yang melatarbelakangi penulis untuk meneliti produk talangan haji ini. Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: Pertama, Bagaimana mekanisme pembiayaan dana talangan haji di KSPPS Berkah Mitra Hasanah Semarang Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang mengambil lokasi penelitian di KSPPS Berkah Mitra Hasanah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan metode interview (wawancara) dengan pihak terkait dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskripti fanalisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Pertama, akad yang digunakan pada Pembiayaan Dana Talangan Haji KSPPS Berkah Mitra Hasanah Semarang yang bekerjasama dengan Bank Muamalat adalah akad qard. Akad qard adalah suatu akad pinjaman kepada nasabah dengan ketentuan bahwa nasabah wajib mengembalikan dana yang diterimanya kepada LKS pada waktu yang telah disepakati. Adapun guna dari dana ini adalah untuk mendapatkan porsi haji. Bank Muamalat mempunyai Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat). Dan dari sinilah LKS mendapat keuntungan, bukan atas dasar seberapa besar dan seberapa lama pinjaman qard yang diberikan Bank.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorWahab, WahabNIDN2008096902
Uncontrolled Keywords: Talangan haji; KSPPS; Bank muamalat wa tamwil (BMT)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 31 Oct 2019 02:45
Last Modified: 31 Oct 2019 02:45
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10164

Actions (login required)

View Item View Item