Standar operasional prosedur pada produk SISUKA di KSPPS BMT Amanah Usaha Mulia (AULIA) Magelang

Sa'adah, Kalimah (2019) Standar operasional prosedur pada produk SISUKA di KSPPS BMT Amanah Usaha Mulia (AULIA) Magelang. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Tugas_Akhir_1605015024)
Kalimah Sa’adah FULL PRINT.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) adalah koperasi yang kegiatan usahanya bergerak dibidang pembiayaan, investasi, dan simpanan sesuai dengan pola bagi hasil (syariah). Koperasi simpan pinjam dapat menjalankan usaha jasa keuangan syariah dengan cara membuka unit atau divisi layanan syariah. KSPPS BMT Amanah Usaha Mulia (AULIA) Magelang merupakan lembaga keuangan mikro yang salah satu produknya yaitu pembiayaan dengan akad wadiah yad dhamannah. Dalam penyaluran produknya berpedoman pada prosedur dalam hal ini adalah Standar Opersional Prosedur Bagi Hasil Pada Produk SISUKA di KSPPS BMT Amanah Usaha Mulia (AULIA) Magelang. Produk SISUKA di KSPPS BMT Amanah Usaha Mulia (AULIA) adalah simpanan sukarela berjangka anggota dengan minimal setoran Rp. 1 juta dan dengan jangka waktu yang sudah ditentukan ATAU produk simpanan berjangka yang hanya bisa diambil sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati antara KSPPS BMT Amanah Usaha Mulia (AULIA) dengan anggota. Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah suatu perangkat pengatur yang mengatur tahapan suatu proses kerja atau suatu proses kerja tertentu. Oleh karena itu prosedur kerja yang bermaksud bersifat tetap, rutin dan tidak berubah-ubah. Prosedur kerja tersebut dilakukan menjadi dokumen tertulis yang disebut sebagai standar operasional. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif model deskriptif. Dengan metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Dalam proses analisis yaitu terkait dengan perkembangan Standar Operasional Prosedur produk SISUKA yang selama ini berjalan di KSPPS BMT Amanah Usaha Mulia (AULIA) Magelang. Hasil analisis tersebut mendiskripsikan produk SISUKA, kemudian data yang telah diperoleh baik dalam bentuk tulisan maupun data agar memberikan kejelasan dan kenyataan yang realistis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorArifin, JohanNIDN2008097101
Uncontrolled Keywords: Standar operasional prosedur; Pembiayaan; Simpan pinjam; KSPPS; Bank muamalah wa tamwil (BMT)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 31 Oct 2019 02:55
Last Modified: 31 Oct 2019 02:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10168

Actions (login required)

View Item View Item