Pelaksanaan rescheduling pembiayaan bermasalah pada akad murabahah di KSPPS Binama Cabang Ngaliyan

Nurrohmah, Iza (2019) Pelaksanaan rescheduling pembiayaan bermasalah pada akad murabahah di KSPPS Binama Cabang Ngaliyan. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Tugas_Akhir_1605015048)
TA LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

KSPPS BINAMA merupakan lembaga yang bergerak pada bidang keuangan yang bertugas menghimpun dan menyalurkan dana dari masyarakat. Setiap lembaga keuangan dalam kaitannya dengan penyaluran dana masyarakat pasti memiliki resiko kredit begitu juga dengan KSPPS BINAMA yang juga mempunyai resiko kredit, yaitu tidak kembalinya pokok pembiayaan dan bagi hasil yang telah disepakati diawal yang disebut dengan pembiayaan bermasalah. Berdasarkan uraian latar belakanag masalah diatas maka penulis tertarik ingin membahas tentang penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah dan cara penyelesaian pembiayaan bermasalah di KSPPS BINAMA. Dari apa yang akan menjadi pokok permasalahan yang akan dibahas, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang masalah masalah manusia dan sosial. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisa menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai subjek penelitian berdasarkan data dan variabel yang diperoleh dari kelompok subjek yang diteliti. Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang telah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan diantaranya : penyebab pembiayaan bermasalah pada KSPPS BINAMA yaitu dikarenakan penganalisa atau AO kurang teliti dalam menyeleksi atau menganalisa calon anggota pembiayaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorFauzi, MuchamadNIDN2017027302
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan bermasalah; Rescheduling; Murabahah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 01 Nov 2019 07:22
Last Modified: 01 Nov 2019 07:22
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10174

Actions (login required)

View Item View Item