Implementasi produk qardh beragun emas di BPRS Gala Mitra Abadi Purwodadi

Nurhidayah, Siti (2019) Implementasi produk qardh beragun emas di BPRS Gala Mitra Abadi Purwodadi. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Tugas_Akhir_1605015105)
TUGAS AKHIR - LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembiayaan Mitra Gadai Emas IB merupakan produk pembiayaan atas dasar jaminan berupa emas sebagai salah satu alternatif memperoleh uang tunai dengan cepat dan mudah. Dengan jaminan berupa emas perhiasan atau emas batangan, BPRS Gala Mitra Abadi memberikan pelayanan yang lebih murah biayanya dan nyaman serta cepat. Pembiayaan ini memiliki karakteristik yaitu berdasarkan prinsip syariah dengan menggunakan akad qardh, akad rahn dan akad ijarah. Biaya administrasi barang jaminan dapat dibayar saat pencairan, sedangkan biaya pemeliharaan dihitung per satu bulan dan dibayar saat pelunasan. Jangka waktu pembiayaan selama tiga bulan dan dapat diperpanjang sebanyak 3 kali pembiayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi produk pembiayaan gadai emas di BPRS Gala Mitra Abadi, meliputi bagaimana mekanisme pembiayaan produk qardh beragun emas di BPRS Gala Mitra Abadi dan Implementasi akad yang digunakan dalam pembiayaan produk qardh beragun emas di BPRS Gala Mitra Abadi. Jenis penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini yaitu penelitian lapangan dengan mengambil lokasi di BPRS Gala Mitra Abadi dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penulis mengumpulkan data yang diperoleh, kemudian menginterprestasikannya dan menganalisanya sehingga dapat memberikan informasi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Dari penelitian yang dilakukan ini dapat ditemukan temuan yaitu pertama, mekanisme pembiayaan qardh beragun emas di BPRS Gala Mitra Abadi yaitu terdiri dari pengajuan pembiayaan oleh nasabah, penaksiran emas yang dilakukan oleh juru taksir emas, penentuan jumlah pinjaman yang dapat diperoleh nasabah, cara mengatasi pembiayaan bermasalah pada produk qardh beragun emas, serta hambatan yang terdapat pada pembiayaan gadai emas di BPRS Gala Mitra Abadi. Kedua, implementasi akad yang digunakan dalam produk qardh beragun emas di BPRS Gala Mitra Abadi yaitu menggunakan akad qardh, akad rahn, dan akad ijarah. serta hambatan yang terdapat pada pembiayaan qardh beragun emas dan cara mengatasinya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorYuningrum, HenyNIDN2009068101
Uncontrolled Keywords: Qardh; Gadai syariah; BPRS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 04 Nov 2019 09:50
Last Modified: 04 Nov 2019 09:50
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10186

Actions (login required)

View Item View Item