Moving Class sebagai Model Pengelolaan Kelas Dinamis dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Semarang

Maskur, Maskur (2010) Moving Class sebagai Model Pengelolaan Kelas Dinamis dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Semarang. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Maskur_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Maskur_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Maskur_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Maskur_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Maskur_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Untuk dapat menjalankan manajemen kelas secara maksimal, guru harus mendapatkan ruang kelas tersendiri untuk pelajaran yang diampunya. Dengan begitu, guru dapat memanfaatkan ruang kelas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan karakteristik pelajaran yang diajarkan. Guru juga dapat merefleksikan karakter dan menyediakan apa saja yang diperlukan oleh peserta didik, lebih bebas memanfaatkan hiasan dinding sebagai alat bantu, yang berarti juga memudahkan untuk menempatkan alat-alat peraga, membagi tugas-tugas dan tidak perlu mengadakan penggeledahan. Artinya, lingkungan fisik kelas dapat menjadi faktor penting untuk mempengaruhi peserta didik. Hal ini yang mendasari perlunya moving class. Kelompok peserta didik yang mencari kelas sesuai dengan mata pelajaran yang ada. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mendeskripsikan dinamika moving class dalam pembelajaran PAI di SMAN 3 Semarang. 2) Mendeskripsikan faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat pelaksanaan moving class dalam pembelajaran PAI di SMAN 3 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, oleh karena itu teknik pengambilan data melalui interview, observasi, dan dokumentesi. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif dan interpretatif, melalui langkah-langkah siklus interaktif yang komponennya meliputi reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Hasil temuan penelitian adalah bahwa sistem moving class merupakan sistem pengelolaan kelas yang dinamis. Dinamika kelas ini memungkinkan proses pembelajaran di kelas berjalan lebih variatif, kreatif dan tidak membosankan. Dalam sistem moving class guru lebih mudah memberikan variasi pembelajaran karena ruang kelas merupakan otoritas guru. Guru Sistem moving class juga memberikan dinamika kelas yang berbeda dalam pembelajaran PAI. Sistem moving class memberikan peluang yang lebih besar bagi guru untuk memfungsikan ruang kelas untuk membantu proses pembelajaran. Kondisi kelas dapat membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Dinamika moving class dalam pembelajaran PAI di SMAN 3 Semarang, antara lain: a) Display Kelas. b) Penataan Tempat Duduk. c) Ruang kelas berbasis multimedia. d) Administrasi Kelas PAI. d) Tata Tertib Kelas PAI. e) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan moving class, khususnya dalam pembelajaran PAI di SMAN 3 Semarang, di antaranya : a) Sarana dan Prasarana. Untuk menunjang kelancaran sistem moving class membutuhkan sarana dan prasarana yang lengkap seperti ruang kelas yang representatif dan kelengkapan alat bantu pembelajaran di kelas. b) Stake Holders. Sistem moving class membutuhkan dukungan dari berbagai pihak khususnya stake holders. Namun secara teknik yang berhubungan langsung dengan sistem moving class adalah guru dan peserta didik. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan moving class, di antaranya: a) Kondisi kelas yang belum sempurna. b) Sarana yang kurang lengkap. c) Ketidakdisiplinan peserta didik. d) Perubahan kurikulum sekolah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Moving Class; Pendidikan Agama Islam; Islamic Religious Education
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Sep 2013 08:13
Last Modified: 30 Sep 2013 08:13
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item