Pengaruh kompetensi aparatur, partisipasi masyarakat dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa : studi kasus Desa di Kecamatan Pancur Kab. Rembang

Nurkhasanah, Nurkhasanah (2019) Pengaruh kompetensi aparatur, partisipasi masyarakat dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa : studi kasus Desa di Kecamatan Pancur Kab. Rembang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Skripsi_1505046067)
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia sekarang ini memprioritaskan desa dalam hal pembangunan. Untuk mewujudkan pembangunan desa tersebut salah satu upaya pemerintah adalah dengan memberi dana desa yang diambil langsung dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) untuk dikelola masyarakat secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kompetensi aparatur, partisipasi masyarakat dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa (Studi kasus di desa kecamatan Pancur kabupaten Rembang). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 75 responden atau pihak pengelola dana desa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner, diproses dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling. Uji kualitas data dalam penelitian ini adalah uji validitas Pearson Correlation dan ujin reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Untuk uji hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi yang sudah disesuaikan dengan uji F, uji t. Hasil data penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi aparatur tidak berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Partisipasi masyarakat tidak berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa dan pemanfaatan teknologi berpengaruh positif dan signifikan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorMujibatun, SitiNIDN2013045901
Thesis advisorNurudin, NurudinNIDN2023059001
Uncontrolled Keywords: Kompetensi aparatur; Pemanfaatan teknologi informasi; Akuntabilitas; Pengelolaan dana desa
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 004 Computer science
300 Social sciences > 303 Social processes
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 14 Nov 2019 01:46
Last Modified: 14 Nov 2019 01:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10203

Actions (login required)

View Item View Item