Pengaruh good corporate governance (GCG) terhadap manajemen laba perusahaan manufaktur dalam daftar Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2012-2017

Habibah, Laila Nur (2019) Pengaruh good corporate governance (GCG) terhadap manajemen laba perusahaan manufaktur dalam daftar Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2012-2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505046076_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505046076_lengkap)
SKRIPSI full..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate governace terhadap manajemen laba. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ukuran dewan komisaris, komite audit, dan kepemilikan institusional. Dalam penelitian ini ukuran dewan komisaris diukur dengan menjumlah seluruh anggota dewan komisaris yang ada dalam perusahaan. Komite audit dalam penelitian ini diukur dengan menjumlah anggota komite audit yang ada dalam perusahaan. Sedangkan struktur kepemilikan institusional diukur dengan cara presentase jumlah saham yang dimiliki oleh pihak institusi dari total keseluruhan saham yang beredar. Manajemen laba sebagai variabel dependen diproyeksi dengan discretionary accrual dengan menggunakan model jones yang dimodifikasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi dengan menggunakan data dari www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2012-2017. Hasil penelitian ini secara simultan menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris, komite audit, dan kepemilikan institusional berpengaruh signifkan terhadap manajemen laba. Namun secara persial hanya komite audi yang berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Good corporate governance; Manajemen laba; Perusahaan manufaktur; jakarta Islamic Index
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 14 Nov 2019 01:56
Last Modified: 03 Jun 2021 08:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10206

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics