Analisis pemahaman dan penyajian standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah (SAK EMKM) pada UMKM binaan Bank Indonesia Semarang : studi kasus pada UMKM binaan klaster bordir dan konveksi Padurenan

Khasanah, Imroatun (2019) Analisis pemahaman dan penyajian standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah (SAK EMKM) pada UMKM binaan Bank Indonesia Semarang : studi kasus pada UMKM binaan klaster bordir dan konveksi Padurenan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505046026_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505046026_lengkap)
IMROATUN KHASANAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pemahaman dan penyajian laporan keuangan UMKM binaan Klaster Bordir dan Konveksi Padurenan apakah sudah sesuai dengan SAK EMKM yang berlaku atau belum.
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan studi kasus yang merupakan bagian dari metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pengelola UMKM di Desa Padurenan. Penentuan informan sebagai salah satu sumber data yaitu dengan menggunakan Purposive Sampling dimana informan yang dipilih harus memenuhi kriteria yang sudah ditentukan.
Hasil penelitian yang diperoleh dari 5 pengelola konveksi di Desa Padurenan, kelima pengelola konveksi tersebut sudah memahami SAK EMKM namun pada tingkatan yang berbeda-beda. Konveksi Lida Jaya dan konveksi Iqbal Fashion berada pada tingkatan pemahaman yang rendah yakni hanya mampu mendefinisakan akun-akun dalam laporan keuangan. Konveksi Maxthink berada pada tingkatan pemahaman yang sedang, sedangkan konveksi Faster Sinar Purnama dan konveksi Pandawa Collection berada pada tingkatan pemahaman yang Tinggi yakni beliau sudah mampu mendefinisikan, mengklasifikasi dan mengekstrapolasi item yang ada di Laporan Keuangan. Untuk penyajian laporan keuangan, dari kelima pengelola konveksi belum ada yang menyajikan laporan keuangannya secara lengkap sesuai SAK EMKM hal ini disebabkan karena mindset pengelola yang menganggap rumit laporan keuangan dan tidak adanya Follow Up tentang pencatatan laporan keuangan pengelola konveksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Standar Akuntansi Keuangan (SAK); Entitas Mikro Kecil Menengah (EMKM); Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 18 Nov 2019 02:46
Last Modified: 03 Jun 2021 08:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10209

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics