Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan umur perusahaan terhadap audit delay : studi kasus pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2014-2017

Ifada, Shalma (2019) Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan umur perusahaan terhadap audit delay : studi kasus pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2014-2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505046068_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505046068_lengkap)
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jakarta Islamic Index (JII) merupakan salah satu index saham yang ada di Indonesia untuk jenis saham yang memenuhi kriteria syariah bertujuan untu meningkatkan kepercayaan kepada investor dalam melakukan investasi saham yang berbasis syariah.
Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) harus memberikan laporan keuangan. Ketepatan waktu laporan keuangan diatur dalam UU No 8 Tahun 1995. Penyampaian laporan keuangan yang sudah diaudit wajib disampaikan selambat-lambatnya pada akhir bulan ketiga atau 90 hari setelah tahun tutup buku perusahaan. Lamanya waktu dalam penyelesaian audit oleh auditor yang diukur dari perbedaan tanggal laporan keuangan dengan tanggal laporan audit dalam laporan keuangan. Faktor-faktor yang mempengaruh audit delay dalam penelitia ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, dan umur perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan umur perusahaan terhadap audit delay. Audit delay adalah lamanya waktu penyelesaian audit oleh auditor yang dilihat dari perbedaan waktu tanggal laporan keuangan dengan tanggal audit dalam laporan keuangan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, dan umur perusahaan. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah audit delay.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index pada tahun 2014-2017. Sampel penelitian ini diambil menggunakan metode purposive sampling, sehingga didapat 6 perusahaan sebagai sampel. Metode analisis penelitian ini menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap audit delay, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap audit delay, dan umur perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap audit delay.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ukuran perusahaan; Profitabilitas; Umur perusahaan; Audit delay; Penundaan audit
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 18 Nov 2019 03:44
Last Modified: 03 Jun 2021 08:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10212

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics