Pengembangan sistem informasi audit serapan anggaran berbasis web pada UIN Walisongo Semarang

Hasanah, Euis Uswatun (2019) Pengembangan sistem informasi audit serapan anggaran berbasis web pada UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505046054_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505046054_lengkap)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sangat penting adanya pengawasan atas anggaran yang telah ditetapkan agar penggunaannya tepat sesuai dengan tujuan. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Internal Pemerintah, mewajibkan evaluasi serapan anggaran dengan mengawasi penggunaan anggaran bagi setiap Satker yang ada pada Pemerintahan. Di UIN Walsongo Semarang fungsi pengawasan penyerapan anggaran ini dilakukan oleh SPI. Namun sistem yang digunakan dalam audit serapan anggaran belum cukup efektif dan efisien karena diperlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan sistem informasi audit serapan anggaran berbasis web yang bertujuan utuk menyelesaikan permasalahan pada sistem informasi audit serapan anggaran UIN Walisongo. Tahapan dalam penelitian ini yaitu perencanaan, analisis sistem lama menggunakan analisis PIECES, perancangan sistem yang sesuai dengan kebutuhan entitas, desain sistem dengan menggunakan alat bantu diagram konteks dan diagran alur untuk menggambarkan alur rangkaian proses sistem, kemudian pengujian yang dilakukan dengan pengujian kelayakan dan Black Box Testing.
Setelah pengujian dilaksanakan, hasil dari pengujian menunjukan bahwa sistem informasi audit serapan anggaran berbasis web yang dikembangkan layak digunakan. Hal tersebut berdasarkan hasil pengujian Black Box Testing yang dilakukan dan tidak terjadi error serta informasi yang dihasilkan sudah sesuai dengan yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi; Audit internal; Serapan anggaran
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 005 Computer programming, programs, data
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 23 Nov 2019 02:47
Last Modified: 03 Jun 2021 08:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10224

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics