Analisis putusan Mahkamah Syar’iyah Aceh nomor 01/JN/2012/MS-Aceh tentang hukuman cambuk bagi pelaku khalwat

Phermana R, Desta Pressi (2019) Analisis putusan Mahkamah Syar’iyah Aceh nomor 01/JN/2012/MS-Aceh tentang hukuman cambuk bagi pelaku khalwat. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_ 1402026147_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_ 1402026147_lengkap)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Maraknya perbuatan khalwat di Aceh kini memang sudah semakin menjadi-jadi. Yang mana para pelaku khalwat secara terang-terangan melakukan perbuatan khalwat. Aceh adalah salah satu provinsi yang dikenal dengan syariat Islamnya. Namun sangat disayangkan jika pelaku khalwat hanya dijatuhi hukuman cambuk sebanyak enam kali dan tiga kali seperti pada putusan Mahkamah Syar’iyah Aceh Nomor 01/JN/2012/MS-ACEH.Maka dari itu penulis tertarik untuk membahas penelitian dalam bentuk skripsi.Rumusan masalah: (1) Bagaimanakah Pertimbangan Hakim Mahkamah Syar’iyah Aceh dalam Penjatuhan Putusan Nomor 01/JN/2012/MS-ACEH tentang Hukuman Cambuk Bagi Pelaku Khalwat. (2) Bagaimanakah tinjauan Hukum Islam terhadap pertimbangan hakim dalam Penjatuhan Putusan Nomor 01/JN/2012/MS-ACEH Tentang Hukuman Cambuk Bagi Pelaku Khalwat.
Adapun tujuan penelitian adalah untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana Pertimbangan Hakim Mahkamah Syar’iyah Aceh dalam Penjatuhan Putusan Nomor 01/JN/2012/MS-ACEH Tentang Hukuman Cambuk Bagi Pelaku Khalwat. (2) Untuk mengetahui bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap pertimbangan hakim dalam Penjatuhan Putusan Nomor 01/JN/2012/MS-ACEH Tentang Hukuman Cambuk Bagi Pelaku Khalwat.
Skripsi ini merupakan Penelitian Normatif. Penelitian ini keseluruhannya diambil dari kepustakaan dan kemudian dianalisis dengan menggunakan analistis-kritis, karena sebagian teks sumber data dari penelitian ini berupa informasi dan berupa teks dokumen. Data yang dipakai adalah data yang bersifat deskriptif kualitatif, yang mengungkapkan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan teori-teori hukum yang menjadi objek penelitian. Analisis data dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif terhadap data primer dan sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bahwa hasil pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan Nomor 01/JN/2012/MS-ACEH, penulis tidak sependapat dengan putusan yang telah dijatuhkan oleh hakim dalam memutuskandan mmempertimbangkan sebuah perkara yang mempunyai pertimbangan-pertimbangan yang cukup banyak, dengan terpenuhinya unsur yang sesuai dengan pasal atau ayat yang telah dijatuhkan kepada para terdakwa dan tanpa ada alasan pembenar dan pemaaf, sehingga para terdakwa dinyatakan bersalah telah melakukan tindak pidana khalwat. (2) Berdasarkan putusan yang telah dikeluarkan oleh Mahkamah Syar’iyah Aceh nomor 01/JN/2012/MS-ACEH tentang hukuman cambuk bagi pelaku khalwattelah sesuai dengan SyariatHukum Islam dan Qanun Pasal23 Ayat 1 Setiap orang yang dengan sengaja melakukan Jarimah Khalwat, diancam dengan ‘Uqubat Ta’zir cambuk paling banyak 1o (sepeluh) kali atau dendan paling banyak 100 (seratus) gram emas murni atau penjara paling lama 10 (sepeluh) bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum cambuk; Khalwat; Mahkamah Syar’iyah; Hukum pidana Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 30 Nov 2019 02:04
Last Modified: 30 Nov 2019 02:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10244

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics