Analisis terhadap pelaksanaan akad mudharabah pada jasa pembiayaan di Koperasi Simpan Pinjam Syari’ah Berdikari Insani Mranggen Demak

Arifin, M. Zaenal (2019) Analisis terhadap pelaksanaan akad mudharabah pada jasa pembiayaan di Koperasi Simpan Pinjam Syari’ah Berdikari Insani Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_122311067_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_122311067_lengkap)
M. Zaenal Arifin___122311067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Mudharabah merupakan akad yang ada dalam konsep ilmu syariah. Secara teknis mudharabah merupakan akad kerjasama dibidang usaha baik antara pemilik dana dan pengelola dana untuk membuat usaha dan dikelola dengan pembagian hasil menurut kesepakatan bersama. Namun, bila terjadi kerugian dalam usahanya maka akan ditanggung oleh pihak pemilik dana kecuali disebabkan kecerobohan pengelola dana. Praktek pembiayaan di koperasi simpan pinjam syariah (KSPS) Berdikari Insani Mranggen Kecamatan Demak ini merupakan bentuk dari akad Mudharabah antara nasabah dan KSPS Berdikari Insani. Pembiayaan usaha ini dilakukan atas pengajuan dari pihak nasabah ke pihak koperasi. Adapun prakteknya bermula ketika seorang nasabah mengalami kesulitan dana dalam usahanya atau kebutuhannya sehari-hari yang mendadak sehingga perlu bantuan tambahan modal sementara untuk penambahan modal atau pembiayaan untuk keperluan yang mendesak dan pihak koperasi selaku yang memiliki dana menerima pengajuan pembiayaan dari nasabah dengan syarat – syarat tertentu salah satunya adalah dengan menambahkan bagi hasil sebesar 1% - 2% dan potongan admisnistrasi disetiap plafound pokoknya.
Jenis penelitian ini dilihat dari objeknya termasuk penelitian lapangan atau field research yang dilakukan di KSPS Berdikari Insani Mranggen Kabupaten Demak. Untuk mendapatkan data yang valid, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Setelah data-data terkumpul maka penulis menganalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian pada prakteknya pembiayaan modal usaha di KSPS Berdikari Insani Mranggen Kecamatan Demak ini menemukan ketidak-selarasan dalam teori Islam yang mana penentuan Bagi hasil di tentukan sendiri oleh pihak KSPS Berdikari Insani tanpa adanya perundingan terlebih dahulu dengan nasabah, sehingga terjadi keterpaksaan dalam kesepakatan kontraknya atau kesepakatan sepihak. Namun aturan ini dibuat oleh KSPS Berdikari Insani mempunyai tujuan agar nasabah lebih bersemangat dan melaksanakan kewajibannya dengan baik dalam membayarkan angsuran pembiayaannya. KSPS berdikri insani menerapkan kopensasi terhadap nasabah-nasabah yang mengalami kesulitan dalam membayar angsuran bulanan dengan memberikan jangka waktu dan penghilangan bagi hasil sehingga nasabah hanya membayarkan angsuran pokoknya saja. Alasan lain yaitu pelaksanaan pembiayaan modal usaha ini dilakukan sebagai bentuk tolong-menolong yang diberikan pihak KSPS Berdikari Insani kepada nasabah yang membutuhkan bantuan modal dan nasabah juga menerimanya dengan keikhlasan. Maka aktifitas pembiayaan yang dilakukan KSPS Berdikari Insani ini diperbolehkan dalam hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Mudharabah; Bagi hasil
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 30 Nov 2019 02:14
Last Modified: 30 Nov 2019 02:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10248

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics