Analisis hukum Islam terhadap jual beli mobil dan motor dengan sistem E-Auction di situs Web PT. JBA Semarang

Setyaningsih, Ratna (2019) Analisis hukum Islam terhadap jual beli mobil dan motor dengan sistem E-Auction di situs Web PT. JBA Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Skripsi_1502036008)
SKRIPSI FULL RATNA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jual beli merupakan salah satu bentuk muamalah yang dilakukan antar sesama manusia demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jual beli sendiri memiliki beberapa macam salah satunya jual beli lelang yang dalam Islam disebut dengan bai’ muzayadah. Aktivitas perdagangan seperti jual beli lelang,biasanya dilakukan secara tatap muka dan dalam satu majelis. Akan tetapi dengan adanya kemajuan teknologi melalui media internet yang disebut elektronik commerce (e-commerce),lelang bisa dilakukan dengan sistem online yang disebut dengan istilah lelang online (e-auction). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik jual beli mobil dan motor yang dilakukan di situs web PT. JBA Semarang dengan sistem e-auction yang selanjutnya dianalisis dalam segi Islam. Permasalahan pertama yang terjadi pada praktik jual beli lelang online di situs web PT. JBA Semarang adalah mengenai jaminan berupa uang muka peserta yang hangus karena tidak melakukan pelunasan atas unit yang telah dimenangkannya. Permasalahan kedua mengenai ketidakjelasan harga dan ketidak lengkapan dokumen yang tertera pada iklan. Manfaat dari penelitian ini supaya dapat memberikan panduan khususnya bagi para pelaku bisnis online mengenai bagaimana konsep dan mekanisme lelang yang tepat sesuai dengan perspektif Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yakni dengan mengalisa apa saja yang berlaku atau gambaran mengenai realita, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Sumber data penelitian berasal dari sumber data primer berupa hasil wawancara dan data sekunder berupa buku-buku serta dokumen pendukung dalam penelitian ini. Adapaun metode pengumpulan data menggunakan observasi, yaitu pengamatan secara langsung mengenai fenomena yang terjadi di lokasi penelitian, kemudian wawancara, yaitu tanya jawab secara langsung dengan pihak-pihak yang bersangkutan, yang terakhir dengan dokumentasi, yaitu buku-buku serta foto-foto yang berkaitan dengan kegiatan lelang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik jual beli mobil dan motor dengan sistem e-auction atau lelang online adalah mubah (boleh) bagi yang sudah cakap hukum, akan tetapi dimakruhkan bagi yang belum cakap hukum. Mengenai jual beli menggunakan jaminan berupa uang muka dalam Islam diperbolehkan asal memberikan batasan waktu pembayaran. Praktik yang terjadi di balai lelang JBA telah memberikan batasan pelunasan selama 5x24 jam. Dengan demikian maka status dari uang muka yang hangus dikarenakan pembeli yang tidak melakukan pelunasan sampai batas akhir waktu adalah diperbolehkan. Selanjutnya mengenai ketidakjelasan harga dan dokumen yang mengakibatkan rasa keragu-raguan dalam hati calon pembeli, hal tersebut bisa ditanyakan langsung kepada pihak perusahaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorMuhyiddin, MuhyiddinNIDN2028025501
Thesis advisorRifqiawan, Raden ArfanNIDN2010068001
Uncontrolled Keywords: Jual beli lelang cnline; Hukum ekonomi Islam
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 004 Computer science
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:43
Last Modified: 04 Dec 2019 08:43
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10265

Actions (login required)

View Item View Item