Merancang aplikasi Saka v-1 (sahabat nikah) pada smartphone Android dalam penentuan tanggal nikah

Yasir, Mohammad Haidir (2019) Merancang aplikasi Saka v-1 (sahabat nikah) pada smartphone Android dalam penentuan tanggal nikah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Skripsi_1402046021)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak bangsa dan suku, melahirkan budaya dan adat di lingkungan masyarakatnya terutama masyarakat Jawa. di Jawa ada tradisi dimana setiap masyarakat ketika melaksanakan sebuah pernikahan harus mengitung atau mencari hari baik (Joyo Dino) sampai tanggal nikah bagi pria dan wanita untuk pelaksanaan pernikahan dan menjalani hidup setelahnya, perhitungan ini sangat erat dengan adat kepercayaan terdahulu dan kalender jawa dalam perkembangannya telah berubah sesuai dengan siklus tahun kalendar jawa berjumlah 8 tahun dan setiap 120 tahun maju satu hari. Ini tentu sebuah waktu dan periode dimana banyak masyarakat jawa memiliki kepercayaan dan anutan terhadap periode penangglan jawa khususnya dalam periode tahun Aboge. Dan mana sekarang berganti tahun Asapon, tentu tidak sembarang orang yang bisa dan mengerti dalam perhitungan semacam ini. dan perkembangan teknologi modern ini, pastinya setiap orang memiliki Smartphone Android dan akan muda mengakses segala macam informasi dalam aplikasi Androidnya namun belum ada aplikasi perhitungan tanggal nikah dalam aplikasinya, untuk itu penulis merancang aplikasi android tersebut yang di beri nama SAKA (Sahabat Nikah) Fokus permasalahan yang akan dikaji oleh penulis adalah : 1) Bagaimana proses rancangan Aplikasi dengan sistem Aboge dan sistem Asapon menggunakan bahasa pemograman 2) Bagaimana uji fungsionalitas uji hasil dan uji verifikasi aplikasi SAKA dalam Smartphone android. Penelitian bersifat kualitatif dengan pendekatan pemrograman. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah metode wawancara Wawancara dilakukan kepada Kyai Suparno Ahli peritungan Aboge dari Mayong Jepara dan KRT Rintaiswara Wakil Penghagen II KHP. Widyabudaya Keraton Ngayogyakarta dari Perhitungan Asapon. dengan cara pengumpulan beberapa informasi ini digunankan untuk merancang sebuah pemograman android dalam menentukan tanggal nikah. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses perancangan aplikasi SAKA dilakukan dalam dua tahap yang pertama adalah proses pembuatan tampilan (user interface) dengan bahasa xml dan yang kedua proses pemrograman aplikasi dengan bahasa java. Uji fungsionalitas aplikasi berkesimpulan bahwa aplikasi SAKA berjalan dengan optimal pada smartphone Uji verifikasi aplikasi ini dalam penentuan tanggal bisa menemukan hasil yang sama dengan metode manual. Namu dalam Sisi hukum Islam dan hukum Adat penentuan hari baik tetap saja baik dilakukan sebagai bentuk Ikhtiar orang jawa asal tidak menyimpang dalam syari’at Islam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorIzzuddin, AhmadNIDN2012057203
Thesis advisorSetyani, Nur HidayatiNIDN2020036701
Uncontrolled Keywords: Kalender Jawa; Joyo Dino; Aboge; Asapon; Aplikasi Android; Tanggal nikah
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 005 Computer programming, programs, data
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 05 Dec 2019 09:57
Last Modified: 05 Dec 2019 09:58
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10293

Actions (login required)

View Item View Item