Analisis metode hisab awal waktu salat dalam kitab Tashil al-Muamalat li Ma’rifah al-Auqat

Hidayah, Mualifah Nur (2019) Analisis metode hisab awal waktu salat dalam kitab Tashil al-Muamalat li Ma’rifah al-Auqat. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1502046019]
Preview
Text (Skripsi_1502046019)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kitab Tashil al-Muamalat Li Ma’rifah al-Auqat merupakan kitab falak yang menggunakan perhitungan klasik yang membahas perhitungan awal waktu salat dan arah kiblat. Perhitungan dalam kitab ini menggunakan daftar logaritma 5 desimal yang manual dan sederhana. Seiring perkembangan zaman dan kemudahan teknologi, kitab klasik mulai ditingalkan dan lebih memililih metode hisab terbaru yang lebih praktis dan diyakini lebih akurat. Namun, kitab ini masih dipelajari oleh pesantren di Jawa Timur meskipun dengan jumlah sedikit. Metode hisab dalam kitab ini memiliki perbedaan dengan metode hisab dalam kitab lain. Maka dari itu, penulis tertarik untuk meneliti metode hisab awal waktu salat dalam kitab klasik ini dan keakuratannya dengan hisab kontemporer yang digunakan pada masa sekarang.
Penelitian ini dirumuskan dalam dua rumusan masalah, yaitu : 1). Bagaimana metode hisab waktu salat dalam kitab Tashil al-Muamalat Li Ma’rifah al-Auqat, dan 2). Bagaimana keakuratan hisab waktu salat dalam kitab Tashil al-Muamalat Li Ma’rifatil Auqot. Adapun tujuan penenlitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui metode hisab awal waktu salat dengan daftar logaritma dalam kitab Tashil al-Muamalat Li Ma’rifah al-Auqat, dan 2). Untuk mengetahui keakuratan hisab awal waktu salat dalam kitab Tashil al-Muamalat Li Ma’rifah al-Auqat.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif yang bersifat library research. Data primer diperoleh dari kitab Tashil al-Muamalat Li Ma’rifah al-Auqat itu sendiri. Sedangkan data sekundernya diperoleh dari buku, kitab, artikel ataupun laporan hasil penenlitian dan lain-lain yang berkaitan dengan kitab Tashil al-Muamalat Li Ma’rifah al-Auqat maupun metode awal waktu salat. Teknis analisis yang digunakan adalah metode content analysis dan melakukan analisis verifikatif dengan metode kontemporer.
Berdasarkan hasil penilitian yang dilakukan ditemukan bahwasanya: Pertama, metode hisab yang digunakan dalam kitab Tashil al-Muamalat Li Ma’rifah al-Auqat adalah metode Hisab Hakiki bi al-Tahqiq dengan perhitungan yang masih klasik. Tabel astronomi dalam kitab Tashil al-Muamalat Li Ma’rifah al-Auqat bersumber dari kitab Mathla’ al-Said dengan epoch Kediri. Kedua, perbandingan hisab waktu salat kitab Tashil al-Muamalat Li Ma’rifah al-Auqat dengan hisab kontemporer mempunyai selisih 0-1 menit untuk waktu salat Asar, Maghrib, Isya, Subuh, Duha dan waktu Terbit sedangkan untuk waktu salat Zuhur dan Imsak mempunyai selisih 3-4 menit. Selisih tersebut masih bisa ditolerir karena selisihnya tidak terlalu signifikaan. Hal tersebut menunjukkan kitab Tashil al-Muamalat Li Ma’rifah al-Auqat masih bisa disandingkan dengan hisab kontemporer dan bisa digunakan sebagai acuan perhitungan waktu salat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode hisab; Awal waktu salat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 05 Dec 2019 10:23
Last Modified: 05 Dec 2019 10:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10300

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics