Penetapan awal bulan penanggalan Jawa Islam sistem aboge dan implementasinya dalam pertanian komunitas Samin Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora

Khanifah, Milatul (2019) Penetapan awal bulan penanggalan Jawa Islam sistem aboge dan implementasinya dalam pertanian komunitas Samin Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skrispi_1502046030]
Preview
Text (Skrispi_1502046030)
full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Aboge merupakan sistem perhitungan dalam penanggalan Jawa Islam yang menurut siklusnya sudah tidak relevan lagi untuk dijadikan rujukan dalam penanggalan Jawa Islam saat ini. Namun, di beberapa daerah di Jawa, khususnya Jawa Tengah masih terdapat masyarakat yang mengimplementasikan sistem perhitungan ini. Seperti di Komunitas Samin Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora yang masih menerapkan penanggalan Jawa Islam sistem Aboge ini sebagai pedoman kalender harian mereka. Selain sebagai kalender harian, para Komunitas Samin Desa Klopoduwur juga mengimplementasikan kalender Jawa Islam Aboge untuk menentukan waktu yang tepat dalam penentuan hari-hari upacara keagamaan, Petangan Jawi, dan penentuan hari untuk menyambut awal puasa Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Karena itulah penulis tertarik untuk mengkajinya. Penelitian ini akan membahas terkait bagaimana pemahaman Komunitas Samin Desa Klopoduwur terhadap penanggalan Jawa Islam sistem Aboge serta bagaimana implementasi penanggalan Jawa Islam sistem Aboge dalam pertanian Komunitas Samin Desa Klopoduwur.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif-lapangan (field research) dengan pendekatan etnoastronomi. Adapun dalam metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara mendalam (In dept interview), observasi (Observation), dan dokumentasi (Documentation). Analisis dilakukan bersamaan dengan penyajian data berdasarkan metode deskriptif-analitik.
Temuan penelitian ini yang pertama yaitu Aboge bagi Komunitas Samin Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora merupakan warisan nenek moyang yang masih asli sehingga dijadikan sebagai falsafah hidup yang harus dilestarikan. Penggunaan Aboge sebagai falsafah hidup bagi Komunitas Samin tercermin dalam seluruh aspek kehidupan, seperti sebagai pedoman dalam penentuan hari-hari upacara keagamaan, menentukan waktu yang tepat dimulainya
ix
pembangunan rumah, memulai bercocok tanam, menentukan hari pernikahan, menentukan ketepatan jodoh, dan menentukan hari yang baik dan kurang baik dalam masa yang akan datang, seperti rezeki keluarga orang yang ditinggal mati, juga untuk menentukan hari untuk menyambut awal puasa Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Juga terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi dipertahankannya kalender Jawa Islam Sistem Aboge di komunitas tersebut, yaitu faktor pemahaman keagamaan, pengetahuan, kemudahan dan penghormatan. Kedua yaitu dalam hal pertanian, mereka memadukan pengimplementasian penanggalan Jawa berupa Petangan Jawi dalam memulai bercocok tanam dengan penampakan Bintang Luku dan Bintang Wuloh sebagai pertanda datangnya musim hujan dan kemarau.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Awal bulan; Penanggalan Jawa Islam; Aboge; Samin
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 05 Dec 2019 10:25
Last Modified: 05 Dec 2019 10:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10301

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics