Studi komparatif prakiraan musim dalam penanggalan Jawa Pranata Mangsa dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada tahun 2015-2018 : studi kasus di Dusun Dadapan Desa Mangli Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang

Luthfiyana, Anisa (2019) Studi komparatif prakiraan musim dalam penanggalan Jawa Pranata Mangsa dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada tahun 2015-2018 : studi kasus di Dusun Dadapan Desa Mangli Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Skripsi_1502046037)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penanggalan Jawa Pranata Mangsa merupakan aturan waktu yang digunakan para petani sebagai penentuan atau mengerjakan suatu pekerjaan khususnya dalam bidang bercocok tanam. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam bertani sangat bergantung pada musim. Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, dalam hal ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sangat membantu terkait informasi cuaca, musim, dan lain sebagainya. Akan tetapi di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang masih menggunakan penanggalan Jawa Pranata Mangsa. Prakiraan musim dalam penanggalan Jawa Pranata Mangsa tentu saja berbeda dengan prakiraan musim yang ada di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Dalam hal ini perlu adanya penelitian terkait keakurasian prakiraan musim dalam penanggalan Jawa Pranata Mangsa dengan prakiraan musim yang ada di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perbedaan prakiraan musim dalam penanggalan Jawa Pranata Mangsa dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), 2) Bagaimana hasil akurasi prakiraan musim dalam penanggalan Jawa Pranata Mangsa dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan format deskriptif dan komparatif. Pada penelitian ini menggunakan dua sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer ini berupa data yang diperoleh langsung dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang dan hasil wawancara langsung dengan perangkat desa dan juga beberapa masyarakat di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari literatur-literatur yang berkaitan dengan penanggalan Jawa Pranata Mangsa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara (interview) dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, yaitu: Pertama, siklus musim yang ada dalam penanggalan Jawa Pranata Mangsa berbeda dengan apa yang ada di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Adapun dalam penanggalan Jawa Pranata Mangsa setiap tahun siklusnya selalu sama. Sedangkan dalam Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menampilkan curah hujan setiap bulan dalam bulan Masehi dan dari tahun ke tahun tidak selalu sama. Dan untuk tahun 2015,2017, 2018 hampir mendekati. Berbeda dengan tahun 2016 dikarenakan terdapat fenomena La Nina. Kedua, Hasil akurasi dibuktikan terjadinya gagal panen tembakau pada tahun 2016 di wilayah Dusun Dadapan karena dalam penanggalan Jawa Pranata Mangsa tembakau harusnya di panen pada saat musim kemarau, namun kenyataan dalam Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kemarau basah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorIzzuddin, AhmadNIDN2012057203
Thesis advisorLathifah, AnthinNIDN2007117501
Uncontrolled Keywords: Penanggalan Jawa; Pranata Mangsa; BMKG; Musim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 525 Earth (Astronomical geography)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 09 Dec 2019 01:24
Last Modified: 09 Dec 2019 01:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10303

Actions (login required)

View Item View Item