Metode hisab gerhana matahari menurut Ali Mustofa dalam kitab Al-Natijah Al-Mahshunah

Falih, Muhammad (2019) Metode hisab gerhana matahari menurut Ali Mustofa dalam kitab Al-Natijah Al-Mahshunah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1502046075]
Preview
Text (Skripsi_1502046075)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

karya Ali Mustofa ini merupakan salah satu kitab falak yang membahas sistem hisab gerhana Matahari. Metode hisab yang digunakan dalam kitab Al-Natijah Al-Mahshunah adalah metode dengan menggunakan data awamil kusuf yang hampir sama dengan proses hisab gerhana Matahari dalam kitab ad-Durul Aniq. Penulis tertarik untuk mengkajinya karena hisab gerhana Matahari menurut Ali Mustofa dalam kitab Al-Natijah Al-Mahshunah dapat menghasilkan hasil yang tidak jauh berbeda dengan NASA.
Dengan membahas latar belakang di atas, penulis merumuskan dua pokok rumusan masalah. 1) Bagaimana metode hisab gerhana Matahari yang dikemukakan oleh Ali Mustofa dalam kitab Al-Natijah Al-Mahshunah ? 2) Bagaimana tingkat akurasi metode hisab gerhana Matahari yang dikemukakan oleh Ali Mustofa dalam kitab Al-Natijah Al-Mahshunah ?.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya adalah library research (penelitian kepustakaan). Sumber data primer pada penelitian ini adalah wawancara langsung dengan pengarang kitab Al-Natijah Al-Mahshunah yaitu Ali Mustofa tentang metode hisab gerhana Matahari pada kitab tersebut. Sedangkan sumber data sekunder adalah kitab Al-Natijah Al-Mahshunah, ad-Durul Aniq, hasil gerhana Matahari NASA, buku-buku falak, tulisan-tulisan tentang gerhana, ensiklopedi, kamus, artikel-artikel, buku-buku, dan jurnal. Data tersebut demudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, bahwa metode hisab gerhana Matahari dalam kitab Al-Natijah Al-Mahshunah karya Ali Mustofa adalah metode hisab kontemporer dalam bentuk awamil kusuf dan sudah menggunakan nilai konstanta astronomis. Kedua, akurasi metode hisab gerhana Matahari dalam kitab Al-Natijah Al-Mahshunah karya Ali Mustofa jika dibandingkan dengan hasil NASA maka menunjukkan selisih antara 1 detik sampai 1 menit 20 detik. Sehingga hasil perhitungan ini tergolong akurat dan dapat digunakan sebagai pedoman hisab gerhana Matahari oleh masyarakat umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gerhana matahari; Hisab
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 523 Specific celestial bodies and phenomena
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 09 Dec 2019 06:03
Last Modified: 09 Dec 2019 06:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10309

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics