Uji kelayakan Hotel Novita, Hotel Abadi Suite dan Tower, Hotel Odua Weston sebagai tempat rukyatul hilal di Kota Jambi : analisis berdasarkan geografis, meteorologis dan klimatologis

Rasyidah, Ilma Naila (2019) Uji kelayakan Hotel Novita, Hotel Abadi Suite dan Tower, Hotel Odua Weston sebagai tempat rukyatul hilal di Kota Jambi : analisis berdasarkan geografis, meteorologis dan klimatologis. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Skripsi_1502046076)
full text skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pengamatan rukyatul hilal telah dilaksanakan di kota Jambi semenjak tahun 2004 yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama dan dilanjutkan oleh Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jambi. Provinsi Jambi mempunyai tempat rukyat yang terletak di kota Jambi, dengan lokasi rukyat berada di roof top bangunan hotel. Terdapat tiga hotel yang dijadikan tempat pengamatan yakni hotel Novita, hotel Abadi Suite dan Tower, dan hotel Odua Weston. Letak ketiga hotel yang berada di kota ini menjadi suatu hal yang membuat penulis tertarik bagaimana kelayakan ketiga hotel tersebut jika dijadikan tempat pengamatan rukyatul hilal. Mengingat kelayakan yang ingin dikaji oleh penulis yakni berdasarkan geografis, meteorologis dan klimatologis. Maka hal ini juga sesuai dengan kriteria kelayakan tempat menurut beberapa pendapat tokoh falak dan lembaga BMKG. Dari hasil penelitian akan menunjukkan apakah tempat tersebut layak, cukup layak, kurang layak atau tidak layak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Dalam menganalisa hasil penelitian, penulis menggunakan data primer yaitu berupa hasil penelitian lapangan penulis di tiga tempat serta hasil wawancara dari berbagai narasumber mulai dari anggota tim hisab rukyat Provinsi Jambi dan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang. Sedangakan data sekunder menggunakan hasil dokumentasi observasi yang penulis peroleh dari penelitian lapangan dan tulisan-tulisan yang berkaiatan dengan penelitian ini, baik itu buku atau karya tulis ilmiah yang sesuai dengan penelitian penulis. Hasil penelitian ini adalah pertama; faktor penggunaan kota Jambi sebagai tempat rukyatul hilal berdasarkan pertimbangan aspek geografis yakni bebas pandang pada azimuth 240˚-300˚, bebas penghalang pandangan baik permanen maupun non permanen, ketinggian tempat dan aksesibilitas ke lokasi pengamatan serta fasilitas untuk merukyat. Kemudian didukung oleh faktor-faktor internal dari pihak Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jambi sendiri sehingga pelaksanaan rukyatul hilal setiap tahun di adakan di kota Jambi. Kedua;dari ke tiga hotel yang diteliti lalu dianalisis oleh penulis maka kota Jambi menunjukkan kriteria kurang layak dijadikan tempat pengamatan hilal, diuji dengan menggunakan teori parameter kelayakan tempat rukyat baik dari parameter primer maupun parameter sekunder. Ditemukan bahwa kota Jambi tidak di dukung dari aspek Meteorologis dan Klimatologis. Terletak di topografi di kelilingi oleh perkebunan lalu di kelilingi aliran sungai Batanghari sehingga membuat kota Jambi mempunyai kelembapan cukup tinggi dengan begitu curah hujan pun juga tinggi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorNurhadi, AgusNIDN2007046603
Thesis advisorHambali, SlametUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tempat Rukyatul hilal; Meteorologis; Klimatologis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 09 Dec 2019 06:05
Last Modified: 09 Dec 2019 06:05
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10310

Actions (login required)

View Item View Item