Studi komparasi hisab awal waktu salat BMKG Pusat dan Pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang

Intifada, Raizza Kinka (2019) Studi komparasi hisab awal waktu salat BMKG Pusat dan Pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1502046087]
Preview
Text (Skripsi_1502046087)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Persoalan hisab awal waktu salat merupakan persoalan yang sering diperbincangkan ketika dihubungkan dengan sah tidaknya suatu salat. Al- Quran menegaskan bahwa pelaksanaan salat harus sesuai dengan waktunya. Demikian pentingnya mengetahui waktu- waktu salat, hal ini yang mendasari juga sah atau tidaknya pelaksanaan salat. Diantaranya sistem hisab yang ada saat ini adalah sistem hisab BMKG Pusat dan Pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang. BMKG Pusat merupakan lembaga nasional yang mengelola data Matahari dan Bulan sehingga dapat menghasilkan produk sistem tanda waktu. Dimana BMKG Pusat tidak mempunyai kewenangan peribadatan. Sedangkan Pesantren Life Skill Daarun Najaah merupakan salah satu Markas Falakiyah Indonesia yang kompeten pada khazanah ilmu falak yang mempunyai andil dalam melakukan hisab waktu salat yang juga dimanfaatkan oleh berbagai macam khalayak umum.
Kedua lembaga tersebut masing- masing mempunyai kewenangan dalam perbandingannya, maka penulis ingin mencari tahu perbandingan hasil hisab awal waktu salat BMKG Pusat dan Pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dari kedua metode hisab tersebut. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perbedaan hisab awal waktu salat BMKG Pusat dan Pesantren Life Skill Daarun Najaah dan 2) Apa faktor kelebihan dan kekurangan hisab awal waktu salat BMKG Pusat dan Pesantren Life Skill Daarun Najaah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis komparatif. Adapun data primernya hisab waktu salat BMKG dan Pesantren Life Skill Daarun Najaah. Sedangkan data sekundernya adalah dengan wawancara dan diskusi langsung kepada Dr. Suaidi Ahadi, S.T., M.T. selaku Kasubbid Deputi Geofisika dan Rukman Nugraha, S.Si., M.Si., selaku Subbidang Analisis Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG. Yang kedua wawancara dengan Pengasuh Pesantren Life Skill Daarun Najaah dan Tim Hisab Life Skill Daarun Najaah selaku penggagas hisab waktu salat. Sekaligus dengan literatur yang berkaitan dengan waktu salat.
Hasil dari penelitian ini mempunyai berbagai macam perbedaan antara keduanya. Dimana hisab awal waktu salat BMKG Pusat tidak menambahkan dengan waktu ikhtiyath, begitu pula dengan penggunaan rumus yang digunakan oleh BMKG Pusat yang memuat temuan baru bahwasannya dalam menentukan awal waktu salat yakni dengan menghitung perkiraan sudut jam. Dimana rumus ini belum dikembangkan oleh berbagai tokoh maupun lembaga manapun yang menggunakannya. Sedangkan pada Pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang ini dengan menambahkannya waktu ikhtiyath namun dengan sistem hisab yang rumit. Perlu adanya ketelitian agar tidak terjadi kesalahan (error). Keduanya terdapat selisih antara waktu salatnya sekitar 2 menit jam itupun tidak pada semua waktu salat. Selisih ini diperoleh dari parameter awal waktu salat Bimas Islam Kementrian Agama. Hanya pada waktu Isya dan Subuh dikarenakan perbedaan penggunaan ketinggian Matahari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Awal waktu salat; BMKG; Pesantren Life Skill Daarun Najaah; Hisab
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 13 Dec 2019 04:01
Last Modified: 13 Dec 2019 04:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10315

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics