Uji akurasi perhitungan awal waktu salat dalam Digital Falak LED karya Ahmad Tholhah Ma’ruf

Firdausy, Halimi (2019) Uji akurasi perhitungan awal waktu salat dalam Digital Falak LED karya Ahmad Tholhah Ma’ruf. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1502046102]
Preview
Text (Skripsi_1502046102)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Di zaman modern ini, banyak beredar alat-alat yang canggih yang dapat mempermudah kehidupan dan kebutuhan hidup manusia. Begitu juga dalam hal ibadah seperti Salat, untuk memulai Salat diperlukan adanya perhitungan yang akurat. Namun tidak mungkin setiap akan memulai Salat harus menghitung dulu, apalagi tidak semua orang mengetahui hisab awal waktu Salat. Saat ini, banyak tersebar di Masjid dan Mushalla jam digital LED untuk menentukan awal waktu Salat yang dibuat oleh bermacam-macam produsen jam. Baik mereka yang benar-benar paham tentang perhitungan awal waktu Salat atau yang hanya paham elektro saja bahkan paham kedua-duanya.
Salah satu Jam digital LED yang dibuat oleh seorang ahli falak juga ahli dalam bidang pemrograman elektro adalah jam Digital Falak LED karya dari Ahmad Tholhah Ma’ruf. Oleh karena itu, Penulis meneliti rancangan jam tersebut dengan rumusan masalah 1) Bagaimana metode perhitungan awal Salat dalam Digial Falak LED karya Ahmad Tholhah Ma’ruf ?, 2) Bagaimana akurasi hasil perhitungan awal waktu Salat dalam Digital Falak LED ?.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang menggunakan analisis deskriptif komparatif. Data primer Penulis dapatkan langsung maupun tidak langsung dari Ahmad Tholhah Ma’ruf selaku pembuat jam Digital Falak LED. Data sekunder Penulis dapatkan melalui dokumentasi yaitu beberapa buku yang membahas tentang hisab awal waktu salat, kamus, jurnal dan karya ilmiah yang lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Penulis menganalisis dengan menggunakan pendekatan analisis data-data hasil penelitian dan pendekatan komparatif untuk membandingkan hasil dari jam Digital Falak LED dengan hasil keluaran dari Kemenag sebagai acuan, karena tidak mungkin Lembaga Pemerintah mengeluarkan awal waktu Salat yang tidak akurat dan tidak bermanfaat bagi umat
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, terdapat beberapa temuan yang menurut penulis perlu jabarkan. Yaitu 1) dalam hal metode perhitungannya yang pengambilan data deklinasi dan equation of time masih menggunakan tabel, yang bisa dikatakan sistem urfi, penggunaan nilai ihtiyath yang tergolong besar, masih belum adanya menu pilihan dalam menentukan apakah dimasukkan koreksi tinggi tempat yang notabene terdapat perbedaan pendapat mengenai hal itu karena pembuat mengikuti metode kitab, 2) Dari segi hasil awal waktu salat Digital Falak LED jika di bandingkan dengan keluaran dari kemenag terdapat selisih di waktu Magrib, yang mana menurut penulis ini tergolong kurang akurat jika di bandingkan dengan keluaran Kemenag. Namun untuk awal waktu salat yang lain dimaklumi dan masih bisa di katakan cukup akurat dan dapat dipakai sebagai pengingat masuknya waktu salat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hisab; Awal waktu salat; Jam Digital Falak LED
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 13 Dec 2019 04:09
Last Modified: 13 Dec 2019 04:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10320

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics