Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli kredit online pada aplikasi cicil.co.id

Danirrahman, Muhammad (2019) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli kredit online pada aplikasi cicil.co.id. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Skripsi_122311078)
Skripsi Lengkap Danir Fix.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Cicil.co.id merupakan sebuah aplikasi starup finansial berbasis teknologi yang memberikan akses pembiayaan bagi mahasiswa untuk membeli kebutuhan kuliah secara cicilan tanpa kartu kredit dari e-Commerce terpercaya mana saja di Indonesia. Mahasiswa dapat dengan mudah memilih produk yang ingin dibeli di bebagai e-Commerce Indonesia dengan cara mengkopi link produknya dan paste linknya pada platform Cicil.com untuk mengetahui jumlah cicilan setiap bulannya. Serta pembayarannya disesuaikan dengan kemampuan dari mahasiswa masing-masing, namun dalam praktinya pihak perusahaan menerapkan sistem DP dengan minimal 10 %, lantas bagaimana praktik penerapan uang muka tersebut persepektif hukum Islam ? Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan. Pertama, bagaimana praktik jual beli kredit online melalui aplikasi cicil.co.id ?, Kedua, Bagaimana praktik jual beli kredit online pada aplikasi cicil.co.id persepektif hukum Islam ? Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), dimana objek penelitian difokuskan pada praktik jual beli kredit online pada aplikasi Cicil.co.id. Sifat penelitian ini ialah deskriptif-analitik, dimana penulis mencoba untuk mendeskripsikan serta menganalisis proses praktik tersebut dengan menggunakan pendekatan normatif, yakni dengan mengacu pada ketentuan fikih mu’amalah. Pengumpulan data dengan terjun langsung ke lapangan yang dihimpun melalui observasi, tanya jawab bebas (wawancara), dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis-kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, 1. Bahwa praktik jual beli kredit online pada aplikasi Cicil.co.id dengan menerapkan sistem uang muka ini ialah: a) Mengajukan dan mengisi form melalui online pada aplikasi Cicil.co.id; b) Membeli barang, dan transaksi (akad) yaitu dengan cara mengcopy link produk barang yang diinginkannya, misalnya dari “Lazada, Shopee, dan sebagainya, dilanjutkan dengan memaste link produk tersebut pada kolom yang tersedia di aplikasi Cicil.co.id, mengatur jumlah DP dan lama cicilan yang diinginkan, dan mengajukan cicilan dan proses checkout, dan c) Serah terima barang dari pihak Ambassador ke mahasiswa. Pada proses ini, pihak “Ambassador” dari kampus mahasiswa terkait akan menyerahkan barang yang dibeli yang dibiayai oleh PT. Cicil Solusi Mitra Teknologi yang disaksikan oleh Ambassador kampus terkait; 2. Praktik tersebut ditinjau dari hukum Islam terdapat dua pendapat; menurut mayoritas ulama tidak sah, berdasarkan hadis larang jual beli dengan uang muka dan jual beli ‘urbūn mengandung unsur gharar (kesamaran) dan termasuk memakan harta dengan jalan bātil, karena disyaratkan oleh si penjual tanpa adanya kompensasi. Sedangkan menurut ulama Ḥanābilah, jual beli dengan uang muka hukumnya sah, berdassarkan hadis ‘Umar dari Ṣafwān Ibn Umaiyyah, “jika ‘Umar rela dengan syarat, jika tidak maka ‘Umar harus membayar sekian-sekian”, serta hadis yang dijadikan argumentasi mayoritas ulama menurut-Nya lemah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorSulaeman, EmanNIDN2005066503
Thesis advisorAbdillah, JunaidiNIDN2016088102
Uncontrolled Keywords: Hukum ekonomi Islam; Jual beli online; Kredit online
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 00:35
Last Modified: 30 Dec 2019 00:35
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10326

Actions (login required)

View Item View Item