Tinjauan hukum Islam terhadap hadiah dalam produk tarbiah pada KSPPS Binama

Maharani, Devi Amalia (2019) Tinjauan hukum Islam terhadap hadiah dalam produk tarbiah pada KSPPS Binama. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_122311126]
Preview
Text (Skripsi_122311126)
SKRIPSI FULLL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam Syariah merupakan salah satu lembaga keuangan yang melakukan kegiatan penghimpunan dana dari masyarakat salah satunya adalah produk simpanan Tarbiah yang menggunakan akad Wadi’ah Yad Dhammanah yaitu yaitu akad antara dua pihak, satu pihak menitipkan dana memberikan ijin kepada pihak yang dititipi dapat memanfaatkan dana yang dititipi. Setiap rekening Tarbiah yang keluar pada saat pembukaan arisan berhak memperoleh hadiah-hadiah berupa uang maupun barang, hadiah dalam Tarbiah dilakukan dengan praktek undian. Disini penulis tertarik dengan mengacu pada rumusan masalah sebagai berikut: Pertama, Bagaimana praktek pemberian hadiah dalam produk Tabungan Arisan Berhadiah (TARBIAH) di KSPPS Binama. Kedua, Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap hadiah dalam produk Tabungan Arisan Berhadiah (TARBIAH) di KSPPS Binama.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penulisan skripsi ini peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Dari data teresebut peneliti dapat mendeskripsikan pemberian hadiah pada produk Tarbiah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai pemberian hadiah dengan cara undian pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah. Peneliti menggunakan teknik analisis data secara deskriptif melalui pendekatan kualitatif.
Berdasarkan data yang penulis peroleh maka peneliti bisa menarik kesimpulan bahwa hadiah itu diberbolehkan dalam Islam karena bertujuan terwujudnya hubungan baik dan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Islam utamanya kontek muamalah, pada dasarnya hukumnya adalah boleh, dalam Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah hadiah yang diberikan ada yang berupa uang dan barang, hadiah yang berupa barang dalam hukum Islam sudah sesuai dengan aturan dan rukun hadiah tersebut. Dimana rukun-rukunya sudah terpenuhi yaitu orang yang memberi hadiah, orang yang diberi hadiah dan barang yang dihadiahkan. Jadi yang tidak diperbolehkan dalam KSPPS Binama adalah undian berhadiah yang hadiahnya berupa uang, karena pemberian hadiahnya berupa uang dan diberikan secara undian ini mirip dengan perjudian sesuai dengan pertimbangan dalam fatwa DSN-MUI No. 86/DSN-MUI/2012 pada point 1 bahwa hadiah promosi yang diberikan LKS kepada nasabah harus dalam bentuk barang dan/atau jasa, tidak boleh dalam bentuk uang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum ekonomi Islam; Simpanan Tarbiah; Wadi’ah; Hadiah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 00:38
Last Modified: 30 Dec 2019 00:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10328

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics