Analisis hukum Islam terhadap transaksi jual beli menggunakan member card studi kasus Swalayan Aneka Jaya Ngaliyan Semarang

Fajriyah, Indah Hidayatul (2019) Analisis hukum Islam terhadap transaksi jual beli menggunakan member card studi kasus Swalayan Aneka Jaya Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1502036077]
Preview
Text (Skripsi_1502036077)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jual beli merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari seseorang dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banyak cara dalam melakukan transaksi jual beli diantaranya dengan cara menggunakan member card yaitu kartu anggota yang didalamnya memuat identitas seseorang dengan data mengenai nama dan nomor keanggotaannya. Dalam hal ini member card digunakan dalam transaksi jual beli yang berfungsi untuk mendapatkan potongan harga, point atau beberapa pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tertentu. Hal ini tidak berlaku bagi konsumen yang tidak memiliki member card. Jual beli menggunakan member card juga didukung oleh banyaknya konsumen yang memilih membuat member card untuk mendapatkan fasilitas yang tersedia dengan adanya biaya pendaftaran. Dari latar belakang masalah tersebut ada sebagian ulama yang menyatakan keharaman menggunakan member card dan ada sebagian ulama yang membolehkanya, kemudian muncul masalah bagaiama hukum Islam terhadap transaksi jual beli menggunakan member card yang berada di Swalayan Aneka Jaya Ngaliyan Semarang?
Skripsi dengan judul “Analisis Hukum Islam Terhadap Transaksi Jual Beli Menggunakan Member Card Studi Kasus Swalayan Aneka Jaya Ngaliyan Semarang” ini bertujuan untuk menjawab dua rumusan masalah yaitu bagaimana praktek jual beli menggunakan member card studi kasus Swalayan Aneka Jaya Ngaliyan Semarang ? dan Bagaimana analisis hukum Islam terhadap transaksi jual beli menggunakan member card studi kasus Swalayan Aneka Jaya Ngaliyan Semarang.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memeliki karakteristik alami (natural setting) sebagai sumber data langsung, yang diteliti menggambarkan keadaan subyek/obyek penelitian (seseorang, lembaga, masyarakat, dan lain-lain) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak yaitu keadaan transaksi jual beli menggunakan member card yang ada di Swalayan Aneka Jaya Ngaliyan. Sumber data penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dari penelitian ini adalah wawancara dengan menejer Swalayan Aneka Jaya Ngaliyan Semarang selaku pemimpin dalam pelaksanaan kerja karyawan, serta yang mengurusi dalam program-program dan pemberlakuan member card, karyawan Swalayan Aneka Jaya yang melayani konsumen dalam pembuatan member card seperti kepala kasir dan karyawan yang melayani pembuatan member card, serta wawancara kepada pengguna / pemilik member card serta pembeli yang tidak memiliki member card. Sumber data sekunder berupa foto atau dokumen pendukung dari data primer.
Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara dan dokumentasi. Kemudian data-data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan cara berfikir induktif, yaitu pengambilan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa jual beli menggunakan member card sah dan boleh saja karena sudah memenuhi syarat dan rukun serta tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip fiqih muamalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Member card; Hukum ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 00:40
Last Modified: 30 Dec 2019 00:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10329

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics