Relasi budaya pop game online dengan pembentukan makna : studi analisis pemain game online di Ngaliyan

Haqqy, Isra Maarajal (2019) Relasi budaya pop game online dengan pembentukan makna : studi analisis pemain game online di Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_NIM124111022]
Preview
Text (Skripsi_NIM124111022)
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berkembangnya revolusi industri teknologi memberikan pengaruh terhadap perubahan budaya. Budaya yang dihasilkan tentunya memiliki nilai dan makna yang baru. Hal ini kemudian mendorong munculnya sebuah budaya baru, budaya yang didorong oleh produksi teknologi dan citra-citra dari sebuah industri baru, kemudian menjadi konsumsi masyarakat, kemudian menjadi sebuah budaya populer. Game Online sebagai hasil dari produksi industri teknologi. Khususnya dibidang media massa. Game Online mampu memberikan suguhan dengan citra-citra tanda yang mengelabui masyarakat disegala sisi, yang kemudian menjebaknya ke dalam sebuah “simulasi” yang penuh dengan hyper-sign dan menjadi sebuah hiperralitas yang berpengaruh terhadap pembentukan makna.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan ditambah dengan data-data yang berasal dari buku yang berhubungan dengan permasalahan dalam penelitian ini dan menggunaka analisis kajian budaya. Tujuan dari penelitian ini, penulis ingin mendeskripsikan bagaimana hubungan yang terjadi antara budaya pop Game Online dengan pembentukan makna. Hubungan yang berasal dari realitas Game Online dengan manusia yang diperantarai oleh kuasa industri. Kemudian memuncul sebuah corak tersendiri terhadap krisis yang terjadi karena hubungan tersebut, yaitu krisis identitas dan krisis eksistensi.
Hasil dari penelitian ini adalah hubungan antara dunia hiperrealitas yang berisi tanda-tanda hasil komoditas Game Online dengan kemampuan konsumtif manusia. Tanda-tanda yang terdapat dalam Game Online dikonsumsi, tanpa memperhatikan penanda dan petandanya, sehingga memunculkan sebuah pemaknaan baru yang sesuai dengan keinginan konsumen. Kemudian, kecenderungan akan pengkonsumsian tanda-tanda memunculkan sebuah krisis akan identitas. Krisis karena pengkonsimsian tanda-tanda yang ada dalam Game Online (hyper sign), mengaburkan identitas nyata, karena percampuran antara hyper-sign dengan sign-nya, membentuk sebuah identitas baru, dengan mengutamakan citraan hyper-sign.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Budaya pop; Game online; Hiperrealitas; Makna
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 00:45
Last Modified: 13 Jun 2021 04:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10331

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics