Studi kritik hadis tentang larangan menghias Masjid

Sa’adah, Azka Lailatu (2019) Studi kritik hadis tentang larangan menghias Masjid. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_124211001_AZKA_ LAILATU SA’ADAH]
Preview
Text (SKRIPSI_124211001_AZKA_ LAILATU SA’ADAH)
1. STUDI KRITIK HADIS TENTANG LARANGAN MENGHIAS MASJID (FULL).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masjid merupakan tempat suci, di mana Muslim melakukan hubungan wajib dengan Yang Maha Suci. Beberapa fungsi masjid bagi umat Islam, selain sebagai tempat melaksanakan shalat, juga digunakan sebagai tempat melakukan berbagai macam kegiatan keagamaan. Seiring berjalannya waktu dan kian berkembangnya Islam di seluruh dunia, bangunan masjid menjadi semakin beragam.
Untuk menandai kejayaan kerajaan Islam di suatu negara atau daerah, sang penguasa membangun masjid yang teramat megah. Bahkan di Indonesia, ada juga beberapa masjid yang dibangun terlampau mewah akan tetapi sepi jamaah dan malah sekedar menjadi tempat wisata. Padahal, tercatat bahwa Nabi pernah melarang umatnya untuk bermegah-megahan dalam membangun masjid demi untuk berbangga-banggan antara satu masjid dengan yang lain tetapi tidak memakmurkannya dengan kegiatan keagamaan atau dakwah Islam. Bahkan, perilaku berbangga-bangaan ini sampai disebutkan Nabi SAW sebagai salah satu tanda akan dekatnya waktu kiamat.
Dari hadis di atas dapat diketahui bahwa Rasulullah SAW. melarang perilaku bermegah-megahan dan melarang umatnya untuk meninggikan masjid. Bagaimana pendapat ulama’ hadis dan fuqaha memahami hadis di atas? Untuk itu diperlukan pemahaman yang kontekstual terhadap hadis tersebut secara historis melalui pengetahuan terhadap asbāb al-wurȗd dan ilmu lain yang berkaitan, untuk kemudian bisa diketahui maksud atau spirit dari hadis tersebut dan bisa dipahami hakikatnya.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kualitas hadis larangan menghias masjid? (2) Bagaimana kontekstualitas hadis-hadis larangan menghias masjid?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui penelitian pustaka (library research). Pendekatan ini sesuai diterapkan pada permasalahan yang akan diteliti karena dimaksudkan untuk mengeksplorasi dan mengidentifikasi informasi. Dalam hal ini adalah hadis-hadis larangan dan kebolehan menghias masjid. Sumber data penelitian ini dibagi dua, yaitu primer dan sekunder. Sumber primer yang dimaksud adalah kitab-kitab hadis mu’tabarah yang memuat hadis-hadis yang akan diteliti. Kitab-kitab hadis ini di antaranya; Sunan Abu Daud, Musnad Ahmad bin Hanbal, Sunan an-Nasa’i, Sunan Ibn Majah, Shahih Ibn Hibban, dan Sunan ad-Darimi. Karena dibutuhkan kritik terhadap hadis tersebut secara kualitas sanad dan sejarah atau asbab al-wurud untuk memahami maksud hadis tersebut, maka dilakukan studi kritik hadis di dalamnya.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; Pertama, hadis larangan meninggikan bangunan masjid kualitasnya ḥasan, sedangkan hadis larangan bermegah-megahan dalam membangun masjid riwayatnya ṣaḥiḥ. Kedua, hadis-hadis tersebut di atas, jika dikontekstualisasikan, sebenarnya akan menjadi standar pembangunan masjid yang ideal sehingga masjid bisa berfungsi sebagai mana mestinya dengan tidak mengganggu kenyamanan jama’ah dan tidak menyebabkan lalai dalam memakmurkannya sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Studi hadis: Menghias masjid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits > 297.1251 Study of Text of Hadith
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 01:06
Last Modified: 16 Nov 2021 08:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10340

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics