Metodologi syarah hadis Syaikh ‘Uṡaimīn : telaah kitab Fatḥu Żī al-Jalāli wa al-Ikrām bi Syarḥ Bulūg al-Marām

Alamul Huda, Nur Khaeroni (2019) Metodologi syarah hadis Syaikh ‘Uṡaimīn : telaah kitab Fatḥu Żī al-Jalāli wa al-Ikrām bi Syarḥ Bulūg al-Marām. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Skripsi_1404026123)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kitab Bulūg al-Marām adalah kitab yang disusun oleh Imam al-Ḥafiẓ ibn Ḥajar al-‘Asqalānī (773 H-852 H), didalamnya berisi tentang hadis-hadis hukum (fikih). Keistimewaan yang ada pada kitab Bulūg al-Marām yaitu dijelaskannya derajat suatu hadis (sāḥīḥ, ḥasan dan ḍa’if), disebutkan ‘Illāt (cacat) yang ada pada suatu hadis jika ditemukan, disusun dengan metode tematik tentang hukum (fikih) dan kemudian diakhir kitab ditutup dengan Kitab al-Jāmi’, bab yang berisikan hadis-hadis akhlak, sehingga pembaca dapat mengambil manfaat lain dari kitab ini. Keistimewaan inilah yang menjadikan kitab Bulūg al-Marām banyak disyarahi oleh para ulama sejak zaman klasik sampai zaman kontemporer ini, para ulama pun mensyarahi dengan berbagai latarbelakang, metode maupun pendekatan yang berbeda-beda. Salah satu kitab yang mensyarahi kitab Bulūg al-Marām adalah kitab Fatḥu Żī al- Jalāli wa al-Ikrām bi Syarḥ Bulūg al-Marām karya Syaikh ‘Uṡaimīn (1347 H-1421 H), sebuah karya dari ulama kontemporer yang mencoba mensyarahi kembali kitab Bulūg al-Marām dengan latarbelakang keilmuan yang dimiliki, metode dan pendekatan yang berbeda dengan kitab-kitab syarah sebelumnya. Berdasarkan kenyataan diatas, lantas bagaimana sebenarnya metode dan pendekatan yang digunakan Syaikh ‘Uṡaimīn dalam mensyarahi kitab Bulūg al-Marām? Apa kelebihan dan kekurangannya dibandingkan salah satu kitab syarah sebelumnya yaitu kitab Subul as-Salām karya Imam aṣ-Ṣan’ānī? Ini yang memotivasi penulis untuk melakukan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dan termasuk dalam penelitian kualitatif yang menggunakan metode analisis data dengan metode induktif-komparatif. Sumber data utama adalah kitab Fatḥu Żī al- Jalāli wa al-Ikrām bi Syarḥ Bulūg al-Marām karya Syaikh ‘Uṡaimīn (data primer) serta kitab-kitab dan buku-buku penunjang yang erat kaitannya dengan penelitian diatas (data sekunder). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa secara garis besar metode yang digunakan Syaikh ‘Uṡaimīn dalam kitab Fatḥu Żī al- Jalāli wa al-Ikrām adalah menggunakan metode syarh tafshīli atau syarah dengan penjelasan secara rinci dengan menggunakan pendekatan kebahasaan dan pendekatan hukum. Salah satu keunikan yang membedakan dengan kitab syarah sebelumnya adalah disertakannya persoalan-persoalan hukum sesuai dengan tema pembahasan yang kemudian Syaikh ‘Uṡaimīn menjawab persoalan tersebut dengan singkat namun disertakan juga dalil al-Qur’an dan hadis karena memang Syaikh ‘Uṡaimīn dikenal dengan ulama yang ahli ber-istinbat dalam menentukan suatu hukum. Akan tetapi dalam sistematika penyusunan kitab ini Syaikh ‘Uṡaimīn kurang memperhatikan segi konsistensi dalam penggunaan metode maupun pendekatan yang digunakan. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi pembaca sehingga mampu memilih kitab syarah untuk dijadikan sebagai acuan yang tepat dalam memahami makna dan hukum yang terkandung dalam suatu hadis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorUlamai, A. Hasan AsyariNIDN2002047102
Thesis advisorMasruri, Ulin Ni'amNIDN2002057701
Uncontrolled Keywords: Metode syarah hadis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits > 297.1251 Study of Text of Hadith
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 01:24
Last Modified: 30 Dec 2019 01:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10346

Actions (login required)

View Item View Item