Bintang syi'ra dalam perspektif mufassir dan sains

Izal M., Muhammad (2019) Bintang syi'ra dalam perspektif mufassir dan sains. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504026159_MUHAMMAD_IZAL_M]
Preview
Text (SKRIPSI_1504026159_MUHAMMAD_IZAL_M)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bintang Syi’ra dalam surat an-Najm ayat 49. Bintang Syi’ra merupakan salah satu benda langit yang memiliki dan memancarkan cahaya paling terang di langit malam.
Dalam al-Qur’an bintang Syi’ra hanya disebut satu kali saja yaitu dalam surat an-Najm ayat 49. Pokok kajian dalam penelitian ini adalah Bagaimana pandangan mufassir mengenai bintang Syi’ra? Bagaimana pandangan sains mengenai bintang Syi’ra? Bagaimana korelasi penafsiran bintang Syi’ra dengan penjelasan Sains?
Dalam menyusun skripsi ini penulis menggunakan metode komparatif sebagai intrumen penelitian. Adapun dalam pengumpulan data penulis menggunakan penelitian kepustakaan ( library research ), yaitu menelaah berbagai buku-buku yang terkait dengan pembahasan yang akan dikaji.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan adanya perbedaan penjelasan antara sebagian mufassir dengan mufassir lainnya mengenai bintang Syi’ra. Pertama, bintang Syi’ra dijelaskan sebagai bintang yang terbit setelah rasi Jauza’. Kedua, bintang Syi’ra adalah bintang Sirius yang berada di rasi “Anjing Besar” atau dalam nama latinnya “ Alpha Canis Major”. Ketiga, bintang Syi’ra dijelaskan sebagai bintang ganda yaitu al-‘Ubur dan Ghumasho’, dan yang terlihat dari bumi adalah al-‘Ubur. Berdasarkan data astronomi bintang Sirius adalah bintang yang cahayanya paling terang di langit malam, yang berada di rasi Canis Majoris, bintang ini terbit pada musim panas. Bintang Sirius juga merupakan sistem bintang ganda, dinamai Sirius A dan Sirius B, yang mana bintang Sirius A cahayanya sangat terang sehingga menutupi bintang Sirius B yang lebih redup.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bintang Syi'ra; Mufassir; Sains; Tafsir Alquran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1228 Nonreligious subjects treated in the Al-Quran
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:19
Last Modified: 13 Nov 2021 06:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10356

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics