Resepsi surat-surat pilihan dalam Al-Qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kaliwungu Kendal

Jaziroh, Ainun (2019) Resepsi surat-surat pilihan dalam Al-Qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504026170_AINUN_JAZIROH]
Preview
Text (SKRIPSI_1504026170_AINUN_JAZIROH)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pembacaan Al-Qur’an surat-surat pilihan dalam al-Qur’an yaitu meliputi surat Yasin, surat Waqi’ah, surat al-Mulk dan surat al’A’la. Hal semacam itu telah menunjukkan bahwa al-Qur’an telah melahirkan berbagai bentuk respon dan peradaban bagi umat Islam. Kaum Muslim Indonesia khususnya diantara mereka banyak yang melakukan amalan-amalan dengan cara membaca surat-surat al-Qur’an secara rutin bahkan ada juga yang menjadikan bacaan al-Qur’an sebagai tradisi. Kegiatan seperti ini bisa ditemukan diberbagai tempat seperti di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kaliwungu Kendal yang mengamalkan berbagai macam surat dalam al-Qur’an diantaranya adalah meprioritaskan pembacaan surat Yasin, surat Waqi’ah, surat al-Mulk dan surat al-A’la.
Adapun rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: Bagaimana sejarah dan praktik pembacaan surat-surat pilihan dalam al-Qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kaliwungu Kendal dan dalam al-Qur’an. Apa makna pembacaan surat-surat pilihan dalam al-Qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kaliwungu Kendal?
Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut, peneliti menggunakan penelitian lapangan (fileld research). Sumber data primer dari penelitian ini yaitu wawancara kepda pengasuh, Ustadz dan santri Pondok Pesantren Miftahul Huda Kaliwungu Kendal dan juga mengamati kegiatan-kegiatan yang ada di sana, sedangkan sumber data sekundernya yaitu literatur-literatur atau buku-buku yang berkaitan dengan tema yang dibahas dalam penelitian ini.
Hasil penelitian yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu: Pertama, latarbelakang sejarah resepsi surat-surat pilihan dalam al-Qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kaliwungu Kendal untuk Surat al-A’la adalah berupa ijazah dari orang tuanya sedangkan Surat Yasin, surat Waqi’ah dan al-Mulk di ambil dari Kitab karya Asy-Syatibi. Praktik pembacaanya Surat Yasin dibaca Setelah Sholat fardhu Subuh dan Magrib, Surat Waqi’ah dan surat al-Mulk dibaca sebelum sholat subuh dan surat al-A’la dibaca setelah melakukan kegiatan belajar al-Qur’an. Kedua, berdasarkan analisis penelitian bahwa resepsi surat-surat pilihan dalam al-Qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kaliwungu Kendal menggunakan resepsi fungsional yaitu al-Qur’an diterima dan direspon dengan maksud dan tujuan tertentu. Berdasarkan teori Hans Robert Jauss peneliti menyimpulkan bahwa harapan pembaca yaitu dapat menentramkan hati, rizqi kecukupan, dan dapat menghalangi dari godaan syetan, sehingga menumbuhkan cinta terhadap al-Qur’an dan memudahkan dalam menghafal dan menjaga hafalannya. Dalam penelitian ini penulis juga menggunakan teori Karl Mannheim yang mengkaitkan antara pengetahuan dan pemikiran manusia berdasarkan latarbelakang lingkungan sosialnya. Peneliti menganalisis tentang makna sebenarnya resepsi al-Qur’an dalam hadits Rasul dengan interpretatif dan ekspresif santri, pengurus, dewan asatidz dan pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda Kaliwungu Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Surat-surat pilihan; Resepsi Alquran; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:24
Last Modified: 13 Nov 2021 06:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10357

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics