Pengaruh humor terhadap penurunan stres mengerjakan skripsi pada mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2014 UIN Walisongo Semarang

Alisaid, Adam (2019) Pengaruh humor terhadap penurunan stres mengerjakan skripsi pada mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2014 UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 124411007_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (124411007_Skripsi_Lengkap)
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi disusun sebagai syarat wajib kelulusan bagi seorang mahasiswa. Pada saat proses penyusunan skripsi tak jarang menimbulkan stressor bagi mahasiswa. Hal itu dikarenakan berbagai faktor yang dihadapi oleh mahasiswa. Penanganan terhadap stres dapat diberikan dalam bentuk penanganan psikologis salah satu caranya adalah dengan humor atau tawa. Tertawa 5-10 menit dapat merangsang pengeluaran endhorphin dan serotonin, yaitu sejenis morfin alami tubuh dan juga metaninin. Ketiga zat ini zat-zat ini bagi manusia akan menimbulkan perasaan tenang. Atas dasar itu peneliti ingin meneliti secara empiris bahwa ada atau tidaknya “Pengaruh Humor Terhadap Penurunan Stres Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Angkatan 2014 UIN Walisongo Semarang.”
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kuantitatif-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design. Variabel bebasnya adalah humor (X) dan variabel terikatnya adalah stres (Y). Populasi penelitian ini ialah mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Angkatan 2014 dengan menunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, menggunakan kriteria yang telah dipilih oleh peneliti sehingga peneliti mendapatkan 17 mahasiswa. Pengambilan data peneliti menggunakan metode skoring dengan skala DASS 42. Sedangkan untuk metode analisis data penulis menggunakan metode Uji-T dengan bantuan program SPSS 18.0 for Windows.
Hasil penelitian menunjukan terdapat penurunan tingkat stres mengerjakan skripsi pada mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2014 dengan nilai presentase pretest 35,3 % (stres sedang) dan prestest 64,7 % (stres tinggi) dengan presentase posttest menjadi 58,8 % (stres sedang) dan 41,2 % (stres tinggi). Selanjutnya untuk hasil uji hipotesis Paired Samples Test, nilai t sebesar 4,811 dengan Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perubahan penurunan tingkat stres sesudah diberikan humor.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Humor; Stress; Mahasiswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:59
Last Modified: 19 Jun 2021 00:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10364

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics