Pengaruh motivasi berprestasi terhadap manajemen waktu dalam menggunakan smartphone : studi pada mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Fuhum UIN Walisongo Semarang angkatan 2017

Awalia, Ibnatul (2019) Pengaruh motivasi berprestasi terhadap manajemen waktu dalam menggunakan smartphone : studi pada mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Fuhum UIN Walisongo Semarang angkatan 2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (124411022_Skripsi_Lengkap)
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada masa sekarang ini penggunaan alat komunikasi seperti smartphone sesuatu yang tidak terlewatkan oleh mahasiswa. Apalagi smartphone sangat bermanfaat sebagai media pembelajaran terhadap mahasiswa, tetapi penggunaan smartphone yang berlebihan juga dapat menimbulkan masalah. Kurangnya kesadaran pada mahasiswa dalam memanajemen waktunya dalam menggunakan smartphone menimbulkan masalah tersendiri seperti tugas pokok perkuliahan yang terabaikan oleh mahasiswa. Maka dalam hal ini motivasi berprestasi sangatlah penting bagi mahasiswa, karena dengan adanya motivasi berprestasi, mahasiswa dapat memanajemen waktunya dengan baik dalam menggunakan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh antara motivasi berprestasi terhadap manajemen waktu dalam menggunakan smartphone (studi pada mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi FUHUM UIN Walisongo Semarang Angkatan 2017). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi FUHUM UIN Walisongo Semarang Angkatan 2017. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena peneliti hanya meneliti sebagian populasi. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 27 mahasiswa yang dijadikan sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Likert. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana dengan bantuan IBM SPSS versi 22 for windows. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh dalam penelitian ini, diperoleh nilai R square = 0.349, koefisiensi regresi = 0.591, serta nilai F = 13.416 dengan signifikan 0.001< 0.05. Sehingga dari data tersebut maka hipotesis diterima. Penelitian ini mendapat nilai R2 = 0.349 yang menunjukkan bahwa besarnya pengaruh manajemen waktu dalam menggunakan smartphone yang disebabkan oleh motivasi berprestasi adalah 34.9%. Sedangkan 65.1% sisanya dijelaskan oleh faktor diluar model. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap manajamen waktu dalam menggunakan smartphone (studi pada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi FUHUM UIN Walisongo Semarang Angkatan 2017).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorArikhah, ArikhahNIDN2029116902
Thesis advisorFitriyati, FitriyatiNIDN2025076901
Uncontrolled Keywords: Motivasi berprestasi; Manajemen waktu; Smartphone
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 03:03
Last Modified: 30 Dec 2019 03:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10365

Actions (login required)

View Item View Item