Self esteem orangtua yang memiliki anak penderita cerebral palsy

Puhan, Junita Evie (2019) Self esteem orangtua yang memiliki anak penderita cerebral palsy. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM124411023_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM124411023_Skripsi_Lengkap)
SKRIPSI FULL VERSION.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Anak merupakan sumber kebahagiaan bagi sebuah keluarga. Kehadiran seorang anak merupakan hal yang dinanti oleh setiap orangtua, namun tidak setiap keluarga dianugerahi anak yang sehat, terkadang orangtua dihadapkan dengan kehadiran anak yang berkebutuhan khusus salah satunya yaitu cerebral palsy.
Dengan skripsi berjudul Self-esteem Orang Tua yang Memiliki Anak Penderita Cerebral Palsy, peneliti bertujuan untuk mengetahui gambaran Self-esteem (harga diri) orangtua yang memiliki anak penderita cerebral palsy.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka peneliti mengadakan penelitian kualitatif, di dalam penelitian kualitatif ini menggunakan teknik analisa data deskriptif kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yang mempunyai anak penderita cerebral palsy. Sedangkan bentuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua subjek cenderung memiliki self esteem (harga diri) yang positif, karena mereka masih bisa menghargai diri sendiri, menyadari bahwa mereka berharga, dan melihat diri mereka serta dengan orang lain. Mereka tidak berpura-pura sempurna, mereka menyadari keterbatasanya, dan berharap untuk dapat lebih meningkat dan berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Self-esteem; Anak berkebutuhan khusus; Cerebral palsy
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 03:07
Last Modified: 19 Jun 2021 01:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10366

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics