Perbedaan self esteem dalam pemakaian jilbab syar’i dan jilboobs pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Walisongo Semarang

Frahike, Inggrit (2019) Perbedaan self esteem dalam pemakaian jilbab syar’i dan jilboobs pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 134411002_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (134411002_Skripsi_Lengkap)
SKRIPSI FUL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Self Esteem di dalam psikologi sering diterjemahkan sebagai harga diri dan didefinisikan sebagai penilaian seseorang terhadap diri sendiri, baik positif maupun negatif. Harga diri (self esteem) pada individu dapat dinilai melalui gaya berpakaian, salah satunya dalam mengenakan jilbab yang dilakukan oleh mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Walisongo Semarang. Mahasiswi yang menempuh pendidikan tersebut harus memiliki kesan tertentu pada cara berpenampilan dikarenakan FEBI merupakan salah satu jalur pendidikan yang memenuhi kebutuhan pada bidang ekonomi khususnya sektor perbankan nasional.
Setiap mahasiswi memiliki gaya berjilbab yang berbeda dan dapat mempengaruhi tingkat harga diri (Self Esteem)nya, sehingga akan terlihat perbedaan self-esteem dari setiap mahasiswi yang menggunakan jilbab di lingkungan sekitar kampus.
Jenis Penelitian ini merupakan lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis perbedaan Self Esteem antara mahasiswi yang mengenakan jilbab syar’i dan jilboobs di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Walisongo Semarang. Metode analisa dalam penelitian ini adalah komparatif yang dianalisis menggunakan Independent t-test.
Sampel penelitian ini merupakan mahasiswi dari jurusan Ekonomi Islam, Akuntansi Syariah, Perbankan Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Walisongo Semarang yang berjumlah 100 orang dengan masing-masing grup sebanyak 50 orang. Pengambilan sampel tersebut menggunakan purposive sampling, dengan populasi berasal dari seluruh mahasiswi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Walisongo Semarang dari angkatan tahun 2016/2017-2017/2018 yang berjumlah 771 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, penyebaran instrumen skala dan metode analisis data yang dibantu dengan menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 18.0 for windows.
Hasil penelitian ini menujukkan thitung sebesar 6.587 dengan taraf signifikansi p= 0.000, yang mana (p< 0.01). Hasil tersebut menunjukkan ada perbedaan yang signifikan.
Hasil tersebut menunjukkan bahwa harga diri (Self Esteem) mahasiswi yang menggunakan jilbab syar’i berada pada kategori tinggi dibandingkan mahasiswi yang menggunakan jilboobs. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiwi yang menggunakan jilbab syar’i memiliki sikap penerimaan diri dan kepercayaan diri yang tinggi terhadap diri sendiri dibandingkan mahasiwi yang menggunakan jilboobs

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Self esteem; Kepercayaan diri; Jilbab syar’i; Jilboobs; Mahasiswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 03:12
Last Modified: 19 Jun 2021 00:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10367

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics