Efek air ruqyah terhadap kesembuhan penyakit stroke di majelis zikir pengobatan alternatif al-Karomah Desa Jatijajar Kecematan Ayah Kabupaten Kebumen

Nadhif, Nadhif (2019) Efek air ruqyah terhadap kesembuhan penyakit stroke di majelis zikir pengobatan alternatif al-Karomah Desa Jatijajar Kecematan Ayah Kabupaten Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (1504046012_Skripsi_Lengkap)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengobatan zaman sekarang bisa dilalui dengan menggunakan medis maupun non medis. Pengobatan tradisional di Indonesia juga banyak diminati oleh masyarakat. Pengobatan Alterntif Al-Karomah ini satu-satunya di Desa Jatijajar Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Banyak yang sudah melakukan pengobatan di Majelis ini. Berbagai penyakit bisa sembuh dengan khasiat air yang di do’akan atau disebut juga dengan Air Ruqyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, memahami dan menjelaskan (1) Bagaimana proses air ruqyah terhadap kesembuhan penyakit stroke di Majelis Zikir Al-Karomah desa Jatijajar, kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen? (2) Adakah efek air ruqyah terhadap kesembuhan penyakit stroke di Majelis Zikir Al-Karomah desa Jatijajar, kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan conclusion atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek yang terdapat dalam air ruqyah memang sangat dahsyat, karena sudah terbukti melalui pengobatan-pengobatan yang ada. Keahlian yang dimiliki oleh ustad Nur Hasyim dalam mengobati berbagai macam penyakit dengan menggunakan air doa didapatkannya melalui keturunan serta proses belajar. Pengobatan air doa ini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit medis maupun penyakit non medis serta berbagai kepentingan atau keperluan yang samasakali tidak ada kaitannya dengan penyakit (diluar penyakit). Pengobatan yang dilakukan oleh ustad Nur Hasyim sama sekali tidak melibatkan alat atau obat medis yang seringkali dijumpai di Rumah Sakit. Selain itu air juga sangat berpengaruh dalam tubuh sehingga sangat membantu dalam proses pengobatan ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorSyukur, M. AminNIDN2017075202
Thesis advisorSulaiman, SulaimanNIDN2027067302
Uncontrolled Keywords: Air ruqyah; Stroke; Majelis zikir; Pengobatan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:02
Last Modified: 30 Dec 2019 04:02
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10373

Actions (login required)

View Item View Item