Pengembangan booklet insekta sebagai media pembelajaran biologi untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 12 Semarang

Tari, Indah Kusuma (2019) Pengembangan booklet insekta sebagai media pembelajaran biologi untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 12 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (1503086038_Skripsi_Lengkap)
full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Media adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Sebagian besar siswa di SMA Negeri 12 Semarang mengatakan bahwa media yang digunakan di kelas masih berupa buku, LKS, PPT atapun media yang kurang menarik untuk proses pembelajaran. Hal inilah yang menjadikan dasar peneliti untuk membuat media pembelajaran berupa booklet. Latar belakang permasalahan tersebut menjadikan peneliti merumuskan masalah yang dapat diambil diantaranya bagaimana desain pengembangan booklet insekta, apakah booklet insekta layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi dan apakah booklet insekta sebagai media pembelajaran biologi dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X di SMA Negeri 12 Semarang. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan booklet insekta sebagai media pembelajaran biologi, untuk menguji kelayakan booklet insekta sebagai media pembelajaran biologi, serta untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa kelas X menggunakan booklet insekta sebagai media pembelajaran biologi di SMA Negeri 12 Semarang. Penelitian ini menggunakan bentuk pengembangan Reseach and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D Thiagarajan, yaitu Define, Design, Development dan Disseminate. Booklet ini didesain menggunakan aplikasi Corel Draw X7 dalam pembuatan layout. Booklet ini berisi materi insekta yang didalamnya menjelaskan tentang ciri-ciri insekta, klasifikasi insekta, metamorfosis insekta, fisiologi insekta, dan peranan insekta dalam kehidupan manusia. Hasil penelitian yang telah dilakukan diantaranya sebagai berikut; hasil validasi ahli materi sebesar 92,6% dengan kategori sangat baik, validasi ahli media sebesar 94,4% dengan kategori sangat baik, guru sebesar 77% dengan kategori baik, hasil uji coba kelas kecil oleh siswa sebesar 93,3% dengan kategori sangat baik, hasil uji keterbacaan media sebesar 89,26% dengan kategori sangat baik. Hasil angket untuk mengetahui minat belajar siswa sebesar 87,88% dengan kategori sangat baik. Sehingga hasil tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak dan mampu untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran biologi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorLianah, LianahNIDN2013035901
Thesis advisorHidayat, SaifullahNIDN2012109001
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Pembelajaran biologi; Booklet; Materi Insekta; Minat belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:19
Last Modified: 30 Dec 2019 04:19
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10377

Actions (login required)

View Item View Item