Pengembangan media game edukasi level of inquiry-based laboratory work pada titrasi asam-basa

Umah, Niswatul (2019) Pengembangan media game edukasi level of inquiry-based laboratory work pada titrasi asam-basa. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (1403076062_Skripsi)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan adanya kesalahan teknis yang sering terjadi saat praktikum titrasi asam-basa oleh mahasiswa pada perkuliahan praktikum Dasar Kimia Analitik dan masih digunakannya petunjuk praktikum bersifat cookbook. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media game edukasi Level of Inquiry-Based Laboratory Work pada titrasi asam-basa. Praktikum dalam game dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan disusun berdasarkan rubrik level inkuiri yang terdiri dari 4 level. Selain itu, di dalam game disajikan video tentang titrasi yang benar pada sub menu start. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Walisongo yang berjumlah 9 anak dengan kriteria masing-masing 3 mahasiswa dengan tingkat pemahaman tinggi, menengah dan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Design and Development menurut Alessi dan Trollip (2001). Penelitian ini memiliki tiga tahapan yaitu: Planning, Design, dan Development. Deskripsi prototipe game yaitu logo game, splash screen branding Unity, menu utama, sub menu start yang terdiri dari video dan list level berupa level 0, level 1, level 2, dan level 3, sub menu profil, dan exit. Hasil uji kualitas media game edukasi yang dikembangkan pada penelitian ini berdasarkan penilaian oleh validator materi sebesar 74,28% dan validator ahli media sebesar 80% yang menyatakan bahwa media game edukasi yang dikembangkan dalam kategori “Baik”. Hasil angket respon mahasiswa sebesar 80,89% termasuk dalam kategori “Baik”. Hasil angket tentang kesalahan titrasi asam-basa hasil angket tentang desain petunjuk praktikum menunjukkan adanya peningkatan di setiap indikatornya. Berdasarkan data hasil uji kelayakan pada setiap aspek penilaian media Game Edukasi Level 0f Inquiry-Based Laboratory Work maka dapat disimpulkan bahwa media game yang dikembangkan layak dan dapat digunakan sebagai media belajar mandiri oleh mahasiswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorFirmansyah, R. ArizalNIDN2019087902
Thesis advisorZammi, MuhammadNIDN2018019001
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Game edukasi; Level of Inquiry; Titrasi asam-basa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 06:32
Last Modified: 30 Dec 2019 06:32
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10379

Actions (login required)

View Item View Item