Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self confidence siswa kelas X MA Al Asror Kota Semarang

Hidayah, Nur (2019) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self confidence siswa kelas X MA Al Asror Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Pendidikan Matematika_1503056054]
Preview
Text (Pendidikan Matematika_1503056054)
11. SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan seorang siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika dengan cara mengidentifikasi unsur-unsur yang telah diketahui dan menggunakannya untuk menentukan strategi penyelesaian sehingga mendapatkan solusi. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah self confidence. Namun pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X MA Al Asror kurang optimal. Hal itu dapat dilihat saat guru memberikan permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan sistem persamaan tiga variabel, siswa masih belum menyelesaikan masalah dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self confidence siswa kelas X MA Al Asror Kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 di MA Al Asror Kota Semarang. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 24 siswa. Dari kelas tersebut kemudian dipilih dua siswa dari masing-masing kelompok self confidence untuk dijadikan subjek wawancara. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes, angket dan wawancara. Hasil angket digunakan untuk mengelompokkan self confidence siswa. Hasil tes dan hasil wawancara kemampuan pemecahan masalah matematis kemudian dianalisis berdasarkan self confidence siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa self confidence siswa kelas X MA Al Asror Kota Semarang terbagi menjadi tiga, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tingkat self confidence tinggi mampu memenuhi indikator 1, 2, 3 dan 4 pemecahan masalah menurut Polya. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tingkat self confidence sedang mampu memenuhi indikator 1, 2 dan 3. Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan tingkat self confidence rendah tidak mampu memenuhi indikator 1, 2, 3 maupun 4 pemecahan masalah menurut Polya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah; Matematis; Self Confidence
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 08:08
Last Modified: 30 Dec 2019 08:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10401

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics