Pengaruh buku teks berbasis pendekatan saintifik dan representasi visual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem respirasi manusia di SMA Muhammadiyah 01 Semarang

Syafrida, Elza Noor (2019) Pengaruh buku teks berbasis pendekatan saintifik dan representasi visual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem respirasi manusia di SMA Muhammadiyah 01 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Pendidikan Biologi_ 123811031)
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar memiliki kedudukan yang sangat penting bagi suksesnya pelaksanaan pembelajaran salah satunya adalah buku teks biologi kurikulum 2013 SMA kelas XI. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sangat menganjurkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran khususnya Biologi. Sementara itu, representasi visual dibutuhkan agar materi sistem respirasi manusia yang rumit dan sulit untuk dibayangkan dapat menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Dalam menganalisis data penelitian menggunakan analisis uji beda dua pihak. Berdasarkan pada hasil analisis data pengujian kesamaan dua rata-rata pada kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem respirasi manusia kedua kelas tersebut, kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan yang berbeda, diperoleh t_hitung = 5,951 dan t_tabel = 1,67 pada ∝ = 5% dk = 60 diperoleh t_((0,05;60)) = 1,67 oleh karena t = 5,951 > 1,67 = t_((0,05;60)) maka maka H_0 ditolak atau maka H_1 diterima artinya rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol berbeda. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol di Kelas XI SMA Muhammadiyah 01 Semarang. Hal ini berarti penggunaan pendekatan saintifik dan representasi visual dengan menggunakan buku teks biologi kurikulum 2013 SMA kelas XI efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 01 Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorListyono, ListyonoNIDN2016106901
Thesis advisorSetyawati, Siti MukhlisohNIDN2017117601
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik; Representasi Visual; Sistem Respirasi Manusia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 08:23
Last Modified: 30 Dec 2019 08:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10405

Actions (login required)

View Item View Item