Pengembangan buku petunjuk praktikum biologi dengan metode inquiry terbimbing terintegrasi nilai- nilai Islam : materi sistem pencernaan makanan pada manusia di MA NU 03 Sunan Katong Kendal

Fujiyanti, Hersy (2019) Pengembangan buku petunjuk praktikum biologi dengan metode inquiry terbimbing terintegrasi nilai- nilai Islam : materi sistem pencernaan makanan pada manusia di MA NU 03 Sunan Katong Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Ilmu Pendidikan Biologi)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sumber belajar yang kurang bervariasi, yang menyebabkan pemahaman dan proses berfikir kritis peserta didik pada pembelajaran Biologi khususnya materi sistem pencernaan makanan pada manusia di sekolah MA NU 03 Sunan Katong Kendal termasuk dalam kategori kurang. Sumber belajar yang mendukung materi sistem pencernaan makanan pada manusia salah satunya adalah buku petunjuk praktikum. Hal ini melatarbelakangi peneliti mengembangkan sumber belajar berupa buku petunjuk praktikum dengan metode inkuiri terbimbing terintegrasi nilai-nilai Islam materi sistem pencernaan makanan pada manusia kelas XI IPA 1 di MA NU 03 Sunan Katong Kendal. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ini mulai dikembangkan pada tahun 1990-an oleh Reiser dan Mollenda, terdiri dari lima tahapan utama, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti ini dibatasi hanya sampai pada tahap implementasi skala kecil. Uji kelayakan pada buku petunjuk praktikum ini yaitu dari ahli materi, ahli integrasi, ahli media, dan guru Biologi. Hasil penilaian kelayakan buku petunjuk praktikum dari ketiga dosen ahli dan guru biologi memperoleh kriteria sangat valid dengan persentase ahli materi biologi 88%, ahli integrasi nilai-nilai Islam 93%, ahli media 84%, dan guru biologi sebesar 96%. Apabila dirata-rata maka hasil persentase penilaian validasi kelayakan sebesar 90%, dengan kriteria sangat layak. Sedangkan untuk hasil tanggapan peserta didik skala kecil terhadap buku petunjuk praktikum dalam persentase sebesar 83% dengan kriteria baik atau layak. Jadi buku petunjuk praktikum yang telah dikembangkan oleh peneliti adalah layak digunakan di MA NU 03 Sunan Katong Kendal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorRuswan, RuswanNIDN_2024046801
Thesis advisorHidayat, SaifullahNIDN_2012109001
Uncontrolled Keywords: Inquiry; Integrasi; Sistem Pencernaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 08:53
Last Modified: 30 Dec 2019 08:53
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10409

Actions (login required)

View Item View Item