Pengaruh metode pembelajaran snowball throwing berbantu media video terhadap motivasi dan pemahaman belajar biologi pada materi invertebrata di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati

Khoiriyah, Nurul (2019) Pengaruh metode pembelajaran snowball throwing berbantu media video terhadap motivasi dan pemahaman belajar biologi pada materi invertebrata di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Ilmu Pendidikan Biologi)
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah usaha-usaha terencana dalam memanipulasi sumber-sumber belajar agar terjadi proses belajar dalam diri seseorang. Berdasarkan hasil identifikasi motivasi dan pemahaman belajar biologi pada materi invertebrata siswa masih memperoleh nilai dibawah KKM 45 %. Pembelajaran berbasis kurikulum 2013 pada siswa masih belum mampu untuk memecahkan masalah sendiri sehingga guru lebih sering menerapkan metode ceramah untuk memahamkan materi. Penggunaan metode ceramah pada pembelajaran biologi membuat interaksi antara guru dan siswa menjadi berkurang. Hal ini menyebabkan kurangnya aktivitas belajar sehingga siswa merasa jenuh. Selain itu penyampaian materi yang tidak disertai model dan media pembelajaran yang bervariasi menjadikan pembelajaran lebih sulit difahami sedangkan materi biologi cenderung banyak pemahaman teori dan hafalan istilah ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran snowball throwing berbantu media video untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar biologi pada materi animalia (invertebrata). Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalen group desain yang berbentuk pretest-posttest Control Group Desain. Sampel penelitian ini adlah kelas X MIA 1 (eksperimen) dan kelas X MIA 2 (kontrol). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t-test dan uji hipotesis satu pihak. Hasil penelitian uji t-test diperoleh t hitung = 2,017 dan t tabel = 1,674. Hasil penelitian menunjukkan t hitung > t tabel dengan α = 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya pengaruh metode pembelajaran snowball throwing berbantu media video lebih besar daripada pengaruh metode pembelajaran yang tidak menggunakan snowball throwing berbantu media video. Hasil perhitungan N-Gain setelah diberikan pre-test dan post-test terdapat peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 0,6775 atau dibulatkan 0,678 dan pada kelas kontrol sebesar 0,555 keduanya di kategorikan dalam kriteria sedang. Berdasarkan hasil perhitungan ini dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran snowball throwing berbantu media video dapat memberi pengaruh motivasi dan pemahaman belajar biologi pada materi invertebrata.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorKhoiri, NurNIDN_2018047404
Thesis advisorNorra, Bunga IhdaNIDN_2003098601
Uncontrolled Keywords: Metode Snowball Throwing; Media Video; Motivasi; Invertebrata
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 09:00
Last Modified: 30 Dec 2019 09:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10410

Actions (login required)

View Item View Item