Manajemen pembinaan akhlak siswa di MTs Negeri 2 Pemalang

Rizieq, M. Mufti (2019) Manajemen pembinaan akhlak siswa di MTs Negeri 2 Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Ilmu Manajemen Pendidikan islam_133311049]
Preview
Text (Ilmu Manajemen Pendidikan islam_133311049)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen pembinaan akhlak siswa merupakan salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan di dalam lembaga pendidikan sekolah karena berkaitan dengan terciptanya perilaku normatif siswa. Realitas menunjukkan peserta didik seperti belum berhasil menerima dengan baik pendidikan akhlak yang dibeirkan oleh pihak sekolah. MTs Negeri 2 Pemalang merupakan lembaga pendidikan yang memperhatikan pembentukan akhlak siswa. Kajian ini di latar belakangi oleh ketertarikan peneliti tentang manajemen pembinaan akhlak siswa yang ada di MTs Negeri 2 Pemalang yang notabenenya merupakan lembaga pendidikan berbasis religius. Studi ini dibuat untuk menjawab (1) Bagaimana perencnaan kegiatan pembinaan akhlak siswa di MTs Negeri 2 Pemalang, (2) Bagaimana implementasi kegiatan pembinaan akhlak siswa di MTs Negeri 2 Pemalang, serta (3) Bagaimana pengawasan kegiatan pembinaan akhlak siswa di MTs Negeri 2 Pemalang.
Permasalahan tersebut dibuat dengan menggunakan pendekatan metode kualititatif (field research). Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi
(1) Dalam perencanaan, MTs Negeri 2 Pemalang memperhatikan aspek tujuan yang mempunyai relevansi dengan visi misi sekolah yang ada. (2) Dalam pelaksanaan, MTs Negeri 2 Pemalang mengadakan pembagian tugas secara terorganisir dari setiap bagian yang ada di dalam sekolah sesuai dengan peranannya masing-masingberbagai kegiatan keagamaan yang sudah terjadwalkan dengan beberapa metode. (3) Dalam pengawasan, MTs Negeri 2 Pemalang melakukan analisa masalah dan hasil sebagai bahan evaluasi dan guna tercapainya tujuan secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pembinaan; Akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:05
Last Modified: 31 Dec 2019 01:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10427

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics