Peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah NU 04 Al-Ma’arif Kendal

Ikhsan, Wakhid Fatkhul (2019) Peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah NU 04 Al-Ma’arif Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1403036031_Skripsi]
Preview
Text (1403036031_Skripsi)
SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peran Komite Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA NU 04 Al-Ma’arif Kendal. Aspek yang diteliti meliputi (1) Peran Komite Sekolah sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol, dan mediator (2) Implikasi peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis kualitatif.
Komite Sekolah telah melaksanakan perannya sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan mediator dengan baik, akan tetapi Komite belum mencantumkan pemetaan kerja masing-masing anggota Komite Sekolah serta tidak memiliki program kerja yang telah direncanakan atau tertulis. Peran yang dilaksanakan oleh Komite Sekolah merupakan hasil koordinasi dan instruksi Kepala Sekolah. Indikator kinerja yang belum terlaksana diantaranya yaitu: (1) Memberi pertimbangan dalam menambah atau mengurangi tenaga kependidikan, (2) Memantau kondisi ketenagaan pendidikan dan sarana prasarana, (3) menilai kualitas kebijakan di sekolah, (4) Menghubungkan Komite Sekolah dengan Dewan Pendidikan setempat.
Komite mampu membantu pihak sekolah untuk meningkatkan mutu secara terus menerus melalui empat peran yang dilaksanakan. Komunikasi antara pihak sekolah dan komite tentang bagaimana peningkatan mutu sekolah maka terwujudlah sarana dan prasarana yang baik. Komite sebagai mitra sekolah sangat membantu dalam peningkatan mutu, dalam hal ini prestasi akademik maupun non akademik siswa, dibuktikan dengan berbagai kejuaraan yang telah di ikuti selama satu tahun terakhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komite sekolah; Mutu sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:08
Last Modified: 31 Dec 2019 01:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10430

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics