Strategi pemasaran ekstrakurikuler MI Ibrohimiyyah Mranggen Demak

Sholikhah, Mar’atus (2019) Strategi pemasaran ekstrakurikuler MI Ibrohimiyyah Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Ilmu Manajemen pendidikan Islam_1503036041]
Preview
Text (Ilmu Manajemen pendidikan Islam_1503036041)
SKRIPSI SHOLIKHAH SAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dalam mencapai tujuan pendidikan yang diharapakan, tentunya lembaga pendidikan harus dapat mengelola manajemennya dengan baik agar tercapai secara efektif dan efisien. Keberhasilan lembaga pendidikan ditentukan bagaimana lembaga memberikan pelayanan kepada konsumen dan bagaimana manajemen pemasarannya. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran ekstrakurikuler MI Ibrohimiyyah Mranggen Demak? Bagaimana implikasi atau dampak strategi pemasaran ekstrakurikuler MI Ibrohimiyyah?
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data, observasi,wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diananlisis secara deskripsif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data digunakan untuk triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Strategi pemasaran ekstrakurikuler di Mi Ibrohimiyyah Mranggen demak yaiu dengan a). Strategi langsung, b). Tidak langsung, c). Menonjolkan prestasi-prestasi ekstrakurikuler. Namun demikian strategi yang paling efektif yang di gunakan di MI Ibrohimiyyah Mranggen Demak adalah mulut ke mulut (word of mounth) dengan menunjukkann bukti kualitas lulusan. 2). Implikasi starategi pemasaran ekstrakurikuler di MI Ibrohimiyyah adalah: a). Adanya keperayaan masyarakat, b). Adanya dukungan dan kerjasama dari masyarakat, C). Tingginya loyalitas dan komitmen dari pengguana jasa pendidikan.
Saran: sekolah dapat meningkatkan promosi khususnya dengan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat digunakan sebagai pendukung dalam promosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran; ekstrakurikuler
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:14
Last Modified: 31 Dec 2019 01:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10438

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics