Peran ibu single parent dalam mendidik agama anak pada keluarga pekerja seks komersial di Algorejo Semarang

Wahyudi, Dwi Sulistyo (2019) Peran ibu single parent dalam mendidik agama anak pada keluarga pekerja seks komersial di Algorejo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Ilmu Pendidikan Agama islam_1403016079]
Preview
Text (Ilmu Pendidikan Agama islam_1403016079)
DWI SULISTYO WAHYUDI___1403016079.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Anak adalah manifestasi kasih sayang suami-istri. Keluarga memegang tanggung jawab penting bagi kehidupan seorang anak. Mendidik, membimbing, mengasihi, membesarkan, dan memenuhi kebutuhan merupakan peran yang harus dijalankan oleh ayah dan ibu. Bagi seorang single parent, tugas dan tanggung jawab yang dipikulnya jauh lebih besar. Ia harus berperan ganda dalam mengurus anaknya. Terlebih bagi seorang istri yang ditinggalkan suaminya dengan tingkat pendidikan yang rendah dan tidak memiliki keterampilan menyebabkan mereka mencari pekerjaan yang dianggap cepat menghasilkan uang. Akhirnya banyak wanita yang terpaksa terjun ke dalam dunia malam dan menjadi pekerja seks komersial. Di sinilah peran ibu single parent dalam mendidik agama anak pada keluarga pekerja seks komersial menjadi suatu hal yang perlu dipertanyakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ibu single parent dalam mendidik agama anak pada keluarga pekerja seks komersial di Algorejo Semarang. Penelitian ini dikategorikan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di lingkungan Resosialisasi Argorejo atau yang akrab disebut Sunan Kuning (SK). Dalam penelitian ini, penulis mendapat informasi dari pekerja seks komersial yang memiliki status sebagai ibu single parent. Selain itu, informasi lainnya didapat dari arsip, dokumen pribadi dan foto yang terkait dengan foto lokasi penelitian, foto saat wawancara, dan foto saat pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dari ibu single parent dalam mendidik agama anak kurang optimal hal ini terjadi karena kendala jarak antara ibu dan anak sangat jauh. Selain itu, kendala yang lainnya adalah mengenai waktu, pertemuan tatap muka antara ibu dan anak sangat minim inilah yang menjadi permasalahan dalam peran ibu dalam mendidik anak. menitipkan anak kepada nenek (orang tua ibu) adalah cara peran ibu single parent dalam mendidik anak, selain itu lewat media video call ibu dapat memantau kegiatan anak dirumah. Tidak hanya itu anak pun disekolahkan disekolah yang berlabel islami, bertujuan agar lingkungan yang baik mempengaruhi tumbuh kembang juga kepribadian sang anak, inilah strategi yang terbaik bagi ibu dalam menjalankan perannya untuk mendidik agama anak.
Saran dalam penelitian ini adalah untuk masyarakat janganlah memiliki pandangan yang buruk terhadap PSK, karena mungkin kita tidak mengetahui betapa sulitnya kehidupan yang mereka alami. Saran untuk Pemerintah agar dapat membuka lapangan pekerjaan yang layak sehingga mampu menampung para PSK yang telah berhenti dari pekerjaannya. Saran untuk PSK, belajarlah berpikir secara positif dan senantiasa selalu semangat dalam mendidik anak-anak. Jadikan kegagalan anda dalam berumah tangga sebuah pelajaran yang berarti dan jangan sampai terulang kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Ibu; Single Parent; Pendidikan Agama pada Anak; Pekerja Seks Komersial
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:20
Last Modified: 31 Dec 2019 01:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10443

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics