Etika guru dalam kitab Adab Al ‘Alim Wa Al-Muta’allim dan relevansinya dengan kompetensi guru

Rohmaniah, Zulfatur (2019) Etika guru dalam kitab Adab Al ‘Alim Wa Al-Muta’allim dan relevansinya dengan kompetensi guru. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Pendidikan Agama Islam_1403016132)
ZULFATUR ROHMANIAH___1403016132.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Etika seorang guru menurut KH Hasyim Asy’ari dalam kitab adāb al ‘Ālim wa al muta’allim. Kajian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran guru sebagai pendidik, yang mana guru atau pendidik saat ini banyak melakukan tindakan yang tidak mencerminkan dirinya sebagai guru. Hal ini menjadi penting, sebab pendidik merupakan cerminan yang uang baik dan menjadi panutan bagi para siswa dan masyarakat. Kajian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalah yang sering terjadi pada sosok guru dalam berperilaku. Dengan mencoba menghadirkan kepribadian guru perspektif tokoh pendidikan Islam KH Hasyim Asyari dalam kitab adāb al ‘Ālim wa al muta’allim. Penelitian ini merupakan penelitian berupa library research (kajian pustaka) dengan mengunakan metode analisis deskriptif, dimana data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara non statistik. Dengan data primer sebagai sumber data utama dan data sekunder sebagai data pendukung. Adapun metode analisis datanya mengunakan metode analisis deskriptif, yakni analisis untuk mengungkapkan gagasan pemikiran yang diteliti serta interpretasi data sebagai pendukung dalam menyampaikan pendapat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Etika guru yang dirumuskan oleh Hasyim Asyari dalam adāb al ‘Ālim wa al muta’allim menunjukkan bahwa : guru harus memiliki etika yang baik dan adab untuk teladan bagi siswa dan masyarakat, serta, berpegang teguh pada sunnah, memerangi bid’ah dan istiqamah dalam beribadah, berakhlak mulia, mengembangkan keilmuan. Etika guru yang dirumuskan KH Hasyim Asy’ari dapat direlevansikan dengan kompetensi guru dalam Permendiknas nomer 16 tahun 2007 sehingga mampu mengkontrol perilaku guru agar tidak melakukan tindakan amoral atau menyimpang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorHadjar, IbnuNIDN2007055801
Thesis advisorLutfiyah, LutfiyahNIDN2022047901
Uncontrolled Keywords: Etika; Kompetensi; Guru; Adab Al ‘Alim Wa Al-Muta’allim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:24
Last Modified: 31 Dec 2019 01:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10445

Actions (login required)

View Item View Item