Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP 18 Semarang

Masruroh, Wahyuni (2019) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP 18 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Ilmu Pendidikan Agama islam_1503016004)
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP 18 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: bagaiman tingkat persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka dan menutp pelajaran?; bagaimana tingkat motivasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP 18 Semarang?; bagaimana pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif lapangan (field research). Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik simple rondom sampling dan instrument yang digunakan menggunakan angket. Sedangkan deskripsi data menggunakan teknik analisis ststistik, pengujian hipotesis penelitian menggunakan rumus korelasi product moment, uji t, analisis regresi dan uji signifikansi. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 50,625 pada interval 51-54. Tingkat motivasi belajar PAI juga pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 31,2 pada interval 29-32. Dan hasil uji signifikansi memperoleh nilai sebesar Fhitung = 30,007 > Ftabel = 3,900 dengan taraf signifikansi 5%. Sumbangan relatif persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran terhadap motivasi belajar siswa diperoleh hasil R = 0,400 artinya terdapat pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII SMP 18 Semarang berada pada kategori sedang. Nilai determinasi (R Square) sebesar 0,160 artinya kontribusi keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa sebasar 16%. maka hipotesis kerja (Ha) diterima, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sehingga ada peningkatan motivasi bealajar PAI siswa kelas VIII SMP 18 Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorSutiyono, AgusNIDN2010077306
Thesis advisorMursid, MursidNIDN2005036701
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Keterampilan; Membuka; Menutup; Motivasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:29
Last Modified: 31 Dec 2019 01:29
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10450

Actions (login required)

View Item View Item