Pendidikan akhlak siswa melalui sistem boarding school di MAN 2 Kudus

Hidayah, Rosida Nurul (2019) Pendidikan akhlak siswa melalui sistem boarding school di MAN 2 Kudus. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Ilmu Pendidikan Agama islam_1503016006]
Preview
Text (Ilmu Pendidikan Agama islam_1503016006)
ROSIDA NURUL HIDAYAH___1503016006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendidikan akhlak siswa melalui sistem boarding school di MAN 2 Kudus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana pendidikan akhlak siswa melalui sistem boarding school di MAN 2 Kudus 2) Apa saja faktor-faktor yang menghambat pendidikan akhlak siswa melalui sistem boarding school di MAN 2 Kudus 3) Bagaimana solusi yang digunakan untuk mengatasi hambatan siswa melalui sistem boarding school di MAN 2 Kudus.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pendidikan akhlak siswa melalui sistem boarding school di MAN 2 Kudus dilakukan pertama, melalui pengajaran materi disekolah dan kajian kitab kuning di asrama. Kedua, melalui keteladanan dilakukan dengan memberikan contoh kepada siswa seperti shalat wajib berjama’ah, berperilaku dan berbicara jujur, memberikan contoh tidak ghasab. Ketiga, pembiasaan dilakukan di setiap aktivitas sehari-hari baik melalui kegiatan keagamaan dan pembiasaan lainnya. Keempat, melalui nasihat dengan cara menasehati siswa yang melanggar peraturan agar tidak mengulangi pelanggaran kembali. Kelima, reward and punishment metode pemberian hadiah dan hukuman. 2) faktor-faktor yang menghambat pendidikan akhlak siswa melalui sistem boarding school di MAN 2 Kudus yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal, kurangnya kesadaran pentingnya pendidikan akhlak, kondisi fisik siswa. Faktor eksternal, pengaruh lingkungan. 3) solusi mengatasi faktor penghambat pendidikan akhlak siswa melalui sistem boarding school di MAN 2 Kudus, yaitu dengan kerjasama seluruh warga sekolah, memperlancar komunikasi dengan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak; Boarding School
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:31
Last Modified: 31 Dec 2019 01:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10451

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics