Korelasi antara prestasi belajar mata pelajaran PAI dengan akhlak siswa di SMP N 1 Mirit Kebumen

Riyadi, Slamet (2019) Korelasi antara prestasi belajar mata pelajaran PAI dengan akhlak siswa di SMP N 1 Mirit Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Ilmu Pendidikan Agama Islam_1503016008)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Korelasi antara Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI dengan Akhlak Siswa di SMP N 1 Mirit Kebumen. Kajian dilatarbelakangi prestasi belajar dari mapel PAI dengan akhlak siswa dan nanti prestasi belajar dikaitkan dengan akhlak siswa sehari-hari di sekolah dan di luar sekolah. Nah, dari korelasi ini menghubungkan nilai raport PAI yang diajarkan oleh gurunya dengan akhlak siswa. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui : 1) prestasi belajar mata pelajaran pendidikan Agama Islam SMP N 1 Mirit kebumen. 2) Untuk mengetahui akhlak siswa di SMP N 1 Mirit Kebumen. 3) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan akhlak siswa SMP N Mirit Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan teknik analisis correlations research (penelitian korelasi). Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampel acak atau random sample dengan subyek penelitian sebanyak 72 responden dari jumlah 252 siswa/siswi. Pengumpulan data dengan menggunakan metode : 1) Dokumentasi untuk memperoleh data tentang nama siswa/siswi dan nilai raport mata pelajaran PAI di SMP N 1 Mirit kebumen 2) kuesioner (skala) untuk mencari akhlak siswa/siswi di SMP N 1 Mirit. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis peneliti ini menggunakan analisis korelasi product moment, pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : 1) prestasi belajar mata pelajaran PAI SMP N 1 Mirit Kebumen berdasarkan hasil nilai raport siswa/siswi ditemukan dengan nilai 79,7. 2) Akhlak siswa kelas VIII SMP N 1 Mirit Kebumen berdasarkan hasil rata-rata jawaban skala siswa dengan skor rata-rata 96,6 .3) Terdapat korelasi positif antara prestasi belajar mata pelajaran PAI dengan akhlak siswa di SMP N 1 Mirit Kebumen . Hal ini dapat dilihat dengan taraf signifikan 5% dengan jumlah responden 72 siswa diperoleh r_(t )=0,277 sedang r_o=0,988 sedang r_o= lebih besar darir_(t ). Pada taraf sigifikasi 1 % dengan jumlah responden 72 siswa, diperoleh r_(t )=0,296 Sedang r_o = 0,988 sehingga dengan demikian r_olebih besar dari pada r_(t ).Setelah diintepresentasikan antara r_o dan r_(t )pada taraf signifikansi 5% dan 1% r_o lebih besar dari pada r_(t ) hasilnya adalah signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang signifikan anatar prestasi belajar mata pelajaran PAI dengan akhlak siswa SMP N 1 Mirit Kebumen. Hasil penelitian menujukan adanya korelasi antara prestasi belajar mata pelajaran PAI dengan akhlak Siswa SMP N 1 Mirit Kebumen. Bahwa siswa/siswi ini memiliki nilai raport mapel PAI yang baik dari kemampuan siswa/ siswi tersebut, akan menumbuhkan sikap yang selalu sopan dan mempunyai adab. Sehingga akhlak yang baik baik akhlak terhadap Allah, Akhlak terhadap Diri sendiri, akhlak terhadap masyarakat, dan akhlak kepada lingkungan bisa diterapkan dan diamalkan dengan baik oleh siswa/siswi SMP N 1 Mirit Kebumen.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorNasirudin, NasirudinNIDN2012106901
Thesis advisorFihris, FihrisNIDN2030117702
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Mapel PAI
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:37
Last Modified: 31 Dec 2019 01:37
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10453

Actions (login required)

View Item View Item